Penjelasan Tentang Siklus Menstruasi

Posted on

Normalnya wanita yang memasuki usia remaja akan mengalami pendarahan yang teratur dan memiliki siklus dalam tiap satu periode, yang disebut dengan siklus menstruasi. Jumlah lamanya hari pada beberapa wanita memiliki perbedaan. Ketika wanita telah mengalami masa menstruasi atau haid, maka wanita tersebut telah dikatakan memasuki usia reproduktif. Masih sangat banyak wanita yang belum faham dengan penjelasan mengenai siklus menstruasi. Terkadang masih banyak pula wanita yang salah pengertian mengenai siklus haid.

Seorang wanita jika awal kedatangan menstruasi atau disebut dengan istilah menarche, hal ini bisa menjadi saat yang mengecewakan baginya. Anak-anak perempuan yang tidak mengenal tubuh mereka dan proses reproduksi dapat mengira bahwa menstruasi merupakan bukti adanya penyakit atau bahkan hukuman akan tingkah laku yang buruk. Anak-anak perempuan yang tidak diajari untuk menganggap menstruasi sebagai fungsi tubuh normal dapat mengalami rasa malu dan perasaan kotor saat menstruasi pertama mereka. Maka hal ini, dibutuhkan media sebagai bahan penjelasan atau gambaran tentang siklus menstruasi agar dapat di mengerti khususnya pada wanita.

Haid adalah perdarahan yang memiliki periode dan siklus dari rahim,disertai pelepasan atau peluruhan endometrium (lapisan dinding rahim).Hari mulainya perdarahan dinamakan hari pertama siklus.Panjang siklus haid yang normal atau dianggap sebagai siklus haid yang ideal adalah 28 hari. Namun demikian, hanya sebagian kecil saja wanita yang memiliki siklus yang teratur 28 hari. Sehingga, tidak perlu khawatir jika saja siklus had anda bukan siklus 28 hari.

Siklus haid sangat berperan penting dan perlu difahami dan dibedakan dengan lamanya haid. Siklus dibutuhkan untuk menilai apakah periode haid anda normal atau tidak, dan juga sangat dibuthkan dalam menghitung perkiraan masa subur wanita. Karena masa subur sangat penting bagi pasangan yang dalam program hamil atau berencana memiliki keturunan.

Siklus adalah jarak antara tanggal mulainya haid yang lalu dan mulainya haid berikutnya.Hari mulainya perdarahan dinamakan hari pertama siklus atau sering disebut dengan istilah hari pertama haid terakhir (HPHT). Maka cara menghitung siklus haid adalah anda menghitung hari dimulai dari hari pertama anda haid (bukan hari selesai haid), dihitung hingga hari terakhir sebelum anda haid lagi, dan dihitung demikian seterusnya. Sehingga anda akan mendapatkan dan mengetahui apakah siklus had anda teratur atau tidak.

Dikatakan siklus haid yang teratur, jika jumlah hari dalam beberapa periode haid selalu sama, jumlah hari dalam siklus saat ini selalu sama dengan siklus sebelumnya. Jika dalam hitungan siklus anda ada yang berbeda jumlah harinya dalam satu kali periode haid anda, maka siklus haid anda tidak teratur, namun jika jumlah hari masih dalam jumlah 21-35 hari, maka siklus snda masih normal walaupun tidak teratur.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!