Pemeriksaan Payudara Sendiri

Posted on

Pada usia 20 tahun, maka wanita harus tahu dan mengerti batasan-batasan dan manfaat perawatan payudara sendiri.  Karena hal ini sangat penting bagi kesehatan payudara wanita.  Untuk mengetahui adanya kelainan-kelainan pada payudara,  dapat diamati dengan mengetahui perubahan bentuk payudara. Waktu yang terbaik bagi wanita untuk memeriksa sendiri payudaranya adalah ketika payudaranya tidak dalam kondisi lunak atau membengkak.

Berikut adalah prosedur pemeriksaan payudara sendiri:

  • Pertama, berbaring dalam posisi miring, kemudian letakkan lengan tangan ke bagian belakang kepala. Pemeriksaan dilakukan saat berdiri, karena saat berbaring, maka jaringan payudara akan menyebar ke seluruh dada serenggang mungkin, dan ini akan semakin mempermudah dalam memeriksa jaringan-jaringan payudara.
  • Kedua, gunakan telapak tangan kiri dari ketiga jari tengah pada tangan kiri untuk merasakan adanya benjolan pada payudara bagian kanan. Kemudian gunakan gerakan memutar ke atas, dan ke bawah dengan menggunakan tiga jari bagian tengah untuk merasakan jaringan payudara.
  • Ketiga, gunakan tiga tingkat tekanan yang berbeda untuk merasakan semua jaringan payudara. Tekanan ringan dibutuhkan untuk merasakan jaringan yang terdekat dengan kulit. Tekanan sedang untuk merasakan sedikit lebih dalam, dan tekanan kuat untuk merasakan jaringan yang paling dekat dengan dada dan tulang rusuk.
  • Keempat, gerakkan tangan pada payudara dengan pola bergerak ke atas. Pastikan untuk memeriksa seluruh payudara ke bawah sampai anda merasakan tulang iga, dan ke atas hingga mencapai leher atau tulang leher. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa pola atas dan bawah adalah pola yang paling efektif dalam pemeriksaan jaringan payudara.
  • Kelima, ulangi pemeriksaan tersebut dengan mengatur posisi untuk pemeriksaan pada payudara kiri anda, sebagaimana saat pemeriksaan pada payudara kanan.
  • Keenam, ketika berdiri di depan cermin, dengan tangan menekan lembut pada pinggul, lihatlah payudara anda apakah ada perubahan ukuran, bentuk, lesung, atau kemerahan atau bersisik pada kulit paydara.
  • Ketujuh, periksa setiap ketiak ketika duduk atau berdiri dengan lengan hanya terangkat sedikit.

Bisa juga dilakukan dengan posisi berdiri di depan cermin dengan kedua tangan di pinggang, kemudian perhatikan. Dalam keadaan normal, ukuran payudara kanan dan kiri sedikit berbeda. Perhatikan perubahan perbedaan ukuran payudara kiri dan kanan dan perubahan pada putting susu (misalnya tertarik ke dalam) atau keluarnya cairan dari putting susu, dan apakah kulit payudara berkerut.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!