Obat-Obatan Selama Kehamilan, Bahayakah?

Posted on

Kehamilan adalah masa dimana wanita membawa janin dalam tubuhnya yang diawali sejak keluarnya sel telur yang matang pada saluran telur yang kemudian bertemu dengan sperma dan keduanya menyatu membentuk sel yang akan tumbuh sebagai janin hingga proses persalinan.

Setiap pasangan yang telah menikah sangat mengharapkan kehadiran anak keturunan mereka. Untuk mendapatkan anak yang sehat tentu harus menjaga kondisi fisik sejak mulai program kehamilan, kemudian saat hamil dan melahirkan. Lama wanita hamil adalah sekitar 9 bulan. Dan selama itu, ibu hamil harus selalu menjaga diri agar kehamilannya bisa tumbuh sehat dan proses persalinannya juga lancar. Hal-hal yag perlu ibu hamil jaga adalah, kesehatan fisik, menjaga fikiran agar tetp fres, dan tidak hanya itu saja, ibu hamil perlu menjaga asupan nutrisi yang dikonsumsinya.

Nah, bagaimana jika ibu hamil tiba-tiba sakit? Misalnya sakit yang biasa terjadi, seperti sakit kepala, sakit perut, pusing, dan lain sebagainya? Seperti orang umumnya, ketika merasakan ada salah satu anggota badannya merasa sakit, maka bagi yang terbiasa mengkonsumsi obat-obatan, akan mengambil langkah pintas yang bisa segera meredakan rasa sakitnya. Kemungkinan besar akan segera mengkonsumsi obat-obat yang mudah didapatkan.

Wanita hamil tentu tidak boleh hanya memikirkan dirinya saja, perlu selalu diingat bahwa saat hamil, di dalam rahimnya ada janin mungil yang juga perlu diperhatikan. Karena janin akan makan dan bernafas melalui perantaraan ibunya. Melalui pembuluh darah dalam plasenta nutrisi dan ksigen disalurkan. Dengan demikian maka, segala yang dikonsumsi oleh ibu akan berdampak pula terhadap janinnya.

Obat merupakan terapi medis dalam memberikan efek kesembuhan bagi suatu penyakit, dan bersifat kimiawi. Bahan-bahan kimia akan memberikan dampak yang berbeda-beda pada tubuh tertentu. Jika ibu hamil mengkonsumsi obat, maka efeknya pun bisa berdampak pada janin dalam kandungannya. Sehingga jika obat tersebut tidak aman dikonsumsi saat hamil, maka akan mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan janin.

Oleh karena itu, ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter, karena dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan janinnya. Langkah yang paling tepat ketika ibu hamil sakit, adalah memeriksakan diri ke dokter, dengan demikian maka dokter akan memberikan rese obat yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, sehingga aman buat pertumbuhan dan perkembangan janin.

Selain obat-obatan, ibu hamil juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari. Dan sebaiknya menghindari makanan ataupun minuman yang mengandung bahan-bahan yang dapat merugikan bagi janin dan tubuh ibu sendiri. Sebaiknya ibu hamil juga jangan mengkonsumsi jamu herbal, karena tidak semua jamu juga aman untuk ibu hamil.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!