Merawat Tali Pusat Bayi

Posted on

Tali pusat merupakan suatu tali yang menghubungkan janin dengan ari-ari atau plasenta. Sebab semasa dalam rahim, tali inilah yang menyalurkan oksigen dan makanan dari plasenta ke janin yang berada di dalamnya. Begitu janin dilahirkan, ia tidak lagi membutuhkan oksigen dari ibunya, karena sudah dapat bernapas sendiri melalui hidungnya.

Pada saat tali pusat terpotong maka suplai darah dari ibu terhenti. Tali pusat yang masih menempel pada pusat bayi lama kelamaan akan kering dan terlepas. Pengeringan dan pemisahan tali pusat sangat dipengaruhi oleh  aliran udara yang mengenainya.

Perawatan tali pusat pada bayi baru lahir harus diperhatikan betul, sebab daerah ini mudah sekali terkena infeksi. Jika tali pusat yang belum putus tak sengaja terkena air saat bayi dimandikan, Umumnya, tali pusat akan putus antara 1-2 minggu setelah kelahiran, tapi bisa juga terjadi lebih dini atau lebih lambat.

Dalam keadaan normal, tali pusat akan lepas dengan sendirinya dalam waktu lima sampai tujuh hari. Tapi dalam beberapa kasus  bisa sampai dua  minggu  bahkan  lebih  lama. Selama  belum pupus, tali pusat  harus  dirawat  dengan baik. Agar tali pusat tidak infeksi, basah, bernanah,  dan   berbau.  Bersihkan  tali  pusat  bayi dengan  sabun saat  memandikan bayi.   Keringkan  dengan  handuk lembut. Biarkan terbuka hingga kering, dapat dibungkus dengan kasa steril. Jangan mengolesi tali pusat  dengan ramuan atau menaburi bedak, karena dapat   menjadi  media  yang  baik  bagi  tumbuhnya  kuman, termasuk kuman tetanus.

Berikut beberapa cara merawat tali pusat:

  • Setiap kali mengganti popok, usahakan selalu bersihkan tali pusat agar tetap kering dan terhindar dari infeksi
  • Bersihkan sekeliling daerah sekitar  tali pusat,
  • Ketika memakaikan popok, sebaiknya popok bayi dilipat sampai di bawah pusat saja, agar tali pusat tidak ikut basah ketika bayi kencing.
  • Jika terdapat tanda memerah pada daerah pusat dan bayi anda menangis ketika disentuh bagian pusat, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk diperiksa kemungkinan terjadi infeksi.
  • Jangan pernah menarik-narik tali pusat, walaupun seakan-akan tampak sudah terlepas, birkan lepas dengan sendirinya.
  • Ketika tali pusat sudah puput, biarkan area pusar sembuh dalam beberapa hari. Tidak perlu menggunakan plester untuk menutupinya, tapi biarkan kering secara alamiah untuk mencegah infeksi.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!