Mengetahui Bayi Cukup ASI

Posted on

Suatu tantangan baru ketika wanita baru saja melalui proses persalinannya. Setelah masa persalinan berlalu, maka aka nada pengalaman baru yang menanti, khususnya pada wanita yang baru memiliki anak pertama. Salah satunya adalah masa-masa menyusui. Namun bagaimana seorang ibu baru bisa mengetahui bahwa bayinya sudah kenyang atau nutrisi bayinya sudah cukup? Karena bayi minum melalui payudara yang tidak terdapat ukuran-ukuran pasti sebagaimana botol air.

Tidak perlu khawatir bagi ibu baru yang masih bingung dengan hal tersebut, karena untuk mengetahui bayi anda cukup ASI, maaka bisa dilihat melalui beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa bayi anda telah cukup ASI, artinya kebutuhan nutrisinya sudah cukup terpenuhi.

Bayi yang Cukup ASI

Untuk mengetahui hal tersebut, Ibu perlu memperhatikan beberapa hal atau melihat tanda-tanda yang ditunjukkan bayi. Kadang bayi memberikan ‘sinyal’ khusus agar Ibu tahu bahwa ia sudah kenyang atau masih lapar. Keahlian mengenal ini bisa Ibu pelajari seiring dengan berjalannya waktu.

Pada jangka panjang kenaikan berat badan adalah indikasi terbaik untuk mengetahui apakah kebutuhan nutrisi bayi anda terpenuhi atau tidak, misalnya pada saat penimbangan bayi di posyandu.  Namun bila menggunakan patokan kenaikan berat badan bayi yang diberi susu formula tentu tidak sesuai untuk bayi yang mengkonsumsi ASI. Cara cepat mengetahui bayi mendapatkan cukup ASI adalah dengan melihat seberapa baik bayi menyusu dan mengamati reaksi bayi setelah menyusu.

Anda dapat mengetahui bahwa bayi anda cukup adalah dengan memperhatikan hal berikut ini:

  • Setelah menyusu, bayi akan tampak puas, tidak mudah menangis atau rewel, dan saat tidur akan dapat tidur dengan pulas dan nyenyak.
  • Setelah anda menyusui, maka payudara anda akan terasa kosong atau sangat nyata bahwa air susu dalam payudara anda benar-benar berkurang. Atau bisa dilihat dengan adanya pengurangan tegangan pada payudara anda, dan anda merasakan ASI mengalir deras.
  • Berat badan bayi anda akan selalu naik setiap kali dilakukan penimbangan pada saat posyandu. Hal ini dapat dilihat dari KMS bayi
  • Bayi akan nampak sehat, tidak lemah, kuat menghisap dan aktif
  • Setelah selesai menyusu, maka bayi tidak akan bereaksi ketika diberi rangsangan putting payudara yang didekatkan pada pipi atau bibirnya.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!