Mengenal Sistem Reproduksi Wanita

Posted on

Organ reproduksi wanita memiliki dua bagian, yaitu organ bagian dalam dan organ bagian luar. Pada organ bagian luar umumnya berfungsi sebagai keperluan dalam hal pertemuan kelamin antara pria dan wanita. Sedangkan organ bagian dalam adalah organ reproduksi wanita yang terletak di bagian dalam yang merupakan saluran dari organ bagian luar dan  berfungsi sebagai penerima dan mempersiapkan kehamilan.

Berikut adalah ulasan singkat mengenai system reproduksi yang berperan penting dalam terjadinya pembuahan, kehamilan, dan persalinan.

  • Vagina

Vagina merupakan organ reproduksi bagian luar pada wanita yang merupakan saluran yang menghubungkan antara saluran bagian luar tubuh dengan rahimFungsi utama vagina adalah sebagai tempat terjadnya hubungan seksual, jalan keluarnya darah haid dan jalan pada saat janin lahir.

  • Serviks (mulut rahim)

Mulut rahim adalah saluran yang terendah dari bagian rahim yang menghubungkan saluran vagina ke rahim. Adapun fungsi dari mulut rahim ini adalah sebagai penghasil lender yang dapat mencegah masuknya kuman dari luar yang hendak menuju ke orga bagian dalam dari system reproduksi wanita. Dan pada saat kehamilan, mulut rahim ini berfungsi untuk menjaga janin agar tetap berada pada tempatnya.

  • Uterus (Rahim)

Uterus atau yang disebut dengan istilah rahim merupakan bagian tempat pertumbuhan dan perkembangan janin hingga masa kelahiran. Pada bagian ujung atas rahim ada membentang dua saluran yang membuka pada kedua sisinya yang memanjang disebut saluran sel telur. Saluran sel telur dalam istilah kedokteran adalah tuba fallopi yang merupakan saluran yang mengarah pada indung telur.

  • Tuba fallopi (saluran sel telur)

Tuba fallopi merupakan saluran antara rongga rahim dengan indung telur.  Bagian ujung dari saluran telur ini seperti jemari yang berfungsi untuk menangkap sel telur matang yang siap untuk dibuahi untuk menuju bagian 2/3 dari saluran telur yang mendekat pada bagian rahim.

  • Ovarium (indung telur)

Indung telur merupakan tempat diproduksinya sel telur, yang menghasilkan hormone estrogen dan progesterone. Indung telur ada pada bagian kanan dan kiri yang akan secara bergantian memproduksi sel telur di setiap bulannya. Hormone estrogen dan progsteron yang dihasilkan dapat mempengaruhi haid, dan aktif bekerja mulai dari awal datangnya haid.

  • Sel telur

Pada saat masa subur, setiap indung telur menghasilkan ribuan sel telur, namun hanya ada satu sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi oleh sel sperma. Namun terkadang ada lebih sel telur matang yang lebih dari satu, pada kasus kehamilan kembar dizigotik (kembar, tetapi berasal dari dua sel telur).

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!