Mengenal Mioma Uteri

Posted on

Mioma uteri atau lebih sering disebut dengan sebutan miom adalah jenis tumor jinak yang berasal dari rahim yang biasanya berbentuk bulat atau lonjong. Lokasi miom ada bermacam-macam, dan miom juga diberi nama yang sesuai dengan lokasi pertumbuhannya. Ada miom yang tumbuh di lapisan luar rahim, disebut dengan miom subresosa, ada yang terdapat di lapisan dalam rahim atau disebut miom submukosa, dan ada pula yang terdapat di bagian lapisan otot rahim, disebut miom intramural. Kemunculan miom ini seperti halnya kista, sering tidak disadari oleh sebagian besar wanita.

Penyebab mioma uteri ini belum dapat ketahui secara pasti, meski demikian ada beberapa factor yang diduga sebagai pemicu timbulnya mioma uteri. Wanita yang berasal dari keluarga yang pernah mengalami miom, ras afrika lebih rentan terkena miom karena haid pertama kurang dari 10 tahun. Karena konsumsi alcohol, hipertensi dan juga infeksi rahim. Kelebihan hormone estrogen juga dapat merangsang pertumbuhan miom. pada awal kehamilan sekitar 30% mioma uteri akan membesar dan akan mengecil kembali setelah melahirkan. Pada umumnya miom akan mengecil setelah wanita menopause.

Pada umumnya miom tidak memunculkan gejala atau tanda-tanda, namun pada kondisi tertentu maka bisa ditandai dengan munculnya pendarahan dari vagina diluar siklus haid yang normal dari rahim. Misalnya darah haid yang terlalu banyak (tidak seperti biasanya), waktu haid yang relative lama dari biasanya, bercak darah meskipun tidak dalam masa haid, dan terkadang haid yang disertai dengan nyeri pada rahim atau uterus.

Perdarahan yang banyak bisa menyebabkan anemia atau kondisi kekurangan darah. Terkadang akan terasa nyeri atau sakit pada perut bagian bawah, Buang air kencing yang tidak lancar, atau merasa kesulitan saat akan buang air kencing maupun buang air besar, dan dapat menimbulkan rasa nyeri pada pinggang atau kaki.

Mioma uteri memang tidak akan mengganggu proses pembuahan atau konsepsi, namun sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mioma uteri bisa mengganggu kesuburan wanita, sehingga menurunkan angka kemungkinan terjadi konsepsi atau mengurangi peluang untuk hamil. Meski demikian, kehamilan masih tetap bisa didapatkan dengan usaha-usaha menghilangkan miom dan juga usaha program hamil yang disertai dengan do’a kepada Tuhan yang Maha Esa.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!