Mengatasi Mual Hebat Saat Hamil

Posted on

Pada saat hamil muda, sangatlah lazim jika ibu mengalami morning sicknes atau perasaan  mual dan muntah. Umumnya terjadi pada trimester pertama, yaitu usia kehamilan hingga 3 bulan, dan akan berhenti saat kehamilan memasuki usia 4 bulan. Hal tersebut dikarenakan kadar hormone kehamilan yang disebut dengan hCG yang terbentuk saat awal kehamilan. Umumnya ibu hamil tidak terlalu terbebani dengan rasa mual dan muntah yang dialaminya. Karena menyadari bahwa mual dan muntah saat awal kehamilannya merupakan suatu hal yang terjadi secara alami dan bukan karena suatu penyakit. Bahkan ada ibu hamil yang justru khawatir jika saat hamil tidak mengalami mual dan muntah.

Namun tak jarang pula ibu hamil yang mengeluh karena mual dan muntah yang ia rasakan sangat berbeda. Ada yang sudah memasuki trimester kedua, tetapi masih slalu merasakan mual dan muntah, bahkan ada yang mengalami hingga akhir kehamilannya. Dan bukan hanya waktu yang lebih lama, teteapi juga volume mual munta yang sangat hebat. Mual muntah yang berlebihan juga bukan hal yang dianggap normal, karena tentu hal ini bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Karena dengan mual dan muntah yang hebat, lebih sering dan dalam jangka waktu yang lebih lama, maka secara otomatis kondisi fisik ibu hamil akan menurun secara drastis. Maka, terkadang harus diatasi dengan perawatan medis di Rumah Sakit guna untuk mempertahankan daya tubuh untuk memperoleh nutrisi.

Muntah yang terus menerus yang disertai kurang minum yang berkepanjangan dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga bisa menimbulkan gejala-gejala lain pada gangguan organ tubuh lainnya.

Namun demikian, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meringankan dan mengatasi terjadinya mual hebat. Hal ini diupayakan bisa menghindari terjadinya mual muntah yang berlebihan. Sehingga masih bisa diberikan penanganan yang sederhana sebelum berlanjut menjadi mual muntah berlebihan atau dikenal dengan istilah hiperemesis gravidarum.

Cara mengatasi mual hebat saat hamil:

  1. Cara yang pertama dilakukan untuk mengatasi mual muntah adalah dengan cara istirahat dan menghindari makanan-makanan yang dapat merangsang rasa mual. Misalnya makanan pedas, makanan berlemak dan beraroma tajam. Dianjurkan memilih makanan ringan seperti kacang-kacangan, roti atau biscuit kering, dan makanan yang mengandung protein.
  2. Pengobatan alternative yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi jahe. Hasil penelitian menunjukkan efek jahe yang aman bagi kehamilan dan sangat efektif untuk membantu meringankan rasa mual saat hamil.
  3. Jika nutrisi harian melalui konsumsi makanan tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh, maka diperlukan obat-obatan sebagai pemenuhan kebutuhan cairan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam pertumbuhan dan perkembangan janninnya.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!