Mengapa Harus ASI Eksklusif?

Posted on

ASI eksklusif adalah pemberian air susu ibu kepada bayi umur 0 – 6 bulan tanpa diberikan makanan atau minuman tambahan apapun. ASI merupakan satu jenis makanan yang mencukupi seluruh unsur kebutuhan bayi baik fisik, psikologi sosial maupun spiritual. Air Susu Ibu (ASI) terbukti secara ilmiah menjadi makanan terbaik bagi bayi karena ASI ialah makanan alamiah berupa cairan dengan kandungan gizi yang cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bayi sehingga tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal.

Apabila ada alasan medis atau Ibu sakit sehingga Ibu tidak lagi dapat memberikan ASI, maka dengan terpaksa susu formula dapat diberikan kepada bayi. Selain susu formula, bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI dari Ibu kandungnya berhak mendapatkan ASI dari pendonor ASI dengan mempertimbangkan aspek agama, sosial budaya, mutu, dan keamanan ASI.

Sejak bayi dalam kandungan, pertumbuhan dan perkembangan otaknya sangat cepat. Ketika bayi lahir, perkembangan otaknya sudah hampir sempurna sehingga membutuhkan makanan yang bergizi dan rangsangan yang cukup. Rangsangan yang optimal diperoleh pada saat proses pemberian ASI. Rangsangan yang terus menerus mendukung pertumbuhan bayi menjadi pintar baik pikiran dan jiwanya.

Mengapa Harus ASI Eksklusif?

Mengapa harus ASI Eksklusif?

Selain hal tersebut diatas, masih ada alasan mengapa bayi harus diberikan ASI saja sampa 6 bulan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Saat bayi belum berumur 6 bulan keatas, sistem pencernaannya relative belum sempurna dan belum siap menerima makanan selan ASI. Beberapa enzim pemecah protein spt asam lambung, pepsin, lipase, enzim amilase, dan sebagainya baru akan diproduksi sempurna pada saat ia berumur 6 bulan.
  • Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan. Saat bayi berumur kurang dari  6 bulan, sel-sel di sekitar usus belum siap untuk kandungan nutrisi yang berasal dari makanan. Sehingga makanan yg masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.
  • Pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan memberikan perlindungan besar dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan sistem imun bayi kurang dari 6 bulan belum sempurna. Pemberian makanan secara dini sama saja dengan membuka pintu gerbang masuknya berbagai jenis kuman. Hasil riset terakhir dari peneliti di Indonesia menunjukkan bahwa bayi yg mendapatkan makanan selain ASI sebelum ia berumur 6 bulan, lebih banyak terserang diare, sembelit, batuk-pilek, dan panas dibandingkan bayi yg hanya mendapatkan ASI eksklusif.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!