Mendeteksi Sariawan Serviks

Posted on

Serviks adalah bagian dari organ reproduksi wanita yang terletak di dalam saluran vagina dan rahim, dan sering disebut sebagai mulut rahim. Sariawan adalah reaksi radang berupa bercak atau luka terbuka pada lapisan kulit. Selain muncul di rongga mulut, penyakit ini juga bisa terjadi di usus, dan di organ reproduksi seperti serviks. Sariawan serviks bisa mencetus ketidaksuburan, sebab, peradangan pada sariawan membuat lendir di serviks mengental, sehingga sperma sulit berenang menuju sel telur. Pada kasus lain, peradangan tersebut menghambat perjalanan sel telur yang telah dibuahi menuju rahim, sehingga bisa menyebabkan terjadinya kehamilan di luar kandungan. Sariawan serviks yang telah menyebar hingga organ reproduksi juga berisiko menyebabkan kerusakan pada indung telur dan saluran telur.

Infeksi virus HPV tipe 2 adalah penyebab utama timbulnya sariawan serviks. Kemungkinan lain yang bisa juga menyebabkan timbulnya sariawan serviks  adalah akibat infeksi bakteri. Keluhan awal yang dirasakan bila terkena sariawan serviks adalah gatal, nyeri, perih, dan panas di daerah vagina. Keputihan dan sakit saat berhubungan intim, juga pertanda adanya sariawan di serviks. Jika mengalami gejala tersebut, segera temui dokter dan jangan anggap sepele gejala yang Anda rasakan. Itu karena, bukan hanya kesuburan saja yang menjadi ancaman dari sariawan serviks. Yang lebih ditakuti adalah, peradangan pada lapisan epitel permukaan serviks itu berpotensi mengubah sel-sel biasa menjadi sel-sel ganas atau kanker.

Jika muncul di paha dalam atau di bibir vagina, sariawan mudah dideteksi oleh mata telanjang. Tetapi, kalau sudah sampai di bagian dalam tubuh, harus melalui pemeriksaan dalam secara manual oleh dokter.

Perabaan pada permukaan leher rahim, tujuannya untuk mendeteksi apakah ada perubahan awal di bagian mulut rahim. Setelah itu, dokter akan meminta Anda untuk melakukan pap smear. Sampel sel akan diperiksa apakah normal atau sudah berubah menjadi tidak normal. Jika hasil tes pap smear menunjukkan hasil abnormal, dokter akan meminta Anda melakukan pemeriksaan lanjutan untuk diperiksa lebih detail di laboratorium.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!