Mendeteksi Kecurigaan Terhadap Endometriosis

Posted on

Seorang wanita sebaiknya mengetahui cara mendeteksi penyakit endometriosis karena panyakit ini berhubungan dengan organ reproduksi. Sehingga jika mengalami kondisi yang mengarah ke endometriosis dapat lebih cepat tertangani oleh petugas kesehatan. Berikut ini adalah tanda gejala endometriosis

  • Nyeri perut bagian bawah dan di daerah panggul, Dalam hal ini nyeri panggul yang dirasakan berulang, namun nyeri  yang dirasakan bisa bervariasi dan tidak tergantung dari tingkat stadium endometriosis, jadi segeralah periksa kedokter jika merasakan nyeri perut bagian bawah yang berulang terutama pada saat haid.
  • Dispareunea (nyeri ketika melakukan hubungan seksual), disebabkan karena adanya endometriosis di kavum douglas.
  • Nyeri ketika buang air besar atau kecil (disuria), khususnya pada saat menstruasi. Disebabkan karena adanya endometriosis pada dinding rektosigmoid. Jika anda merasakan sakit maka sakit ini tidak boleh diabaikan karena bisa jadi ini merupakan tanda endometriosis maka segeralah periksa ke dokter untuk mengetahui apakah anda menderita endometriosis atau tidak.
  • Poli dan hipermenorea (siklus lebih pendek dari normal < 21 hari, darah lebih banyak atau lama dari normal lebih dari 7 hari).
  • Infertilitas (kemandulan), jika anda merupakan pasangan yang sudah menikah dan susah mempunyai anak dan sering mengalami tanda-tanda seperti yang disebutkan terdahulu maka bisa jadi anda mengalami penyakit endometriosis.
  • Menstruasi yang tidak teratur (misalnya spoting sebelum menstruasi).
  • Pengeluaran darah haid yang banyak

Selain tanda dan gejala yang sudah dijelaskan maka  untuk mengetahui lebih lanjut apakah anda menderita penyakit endometriosis maka Diagnosis ditegakkan berdasarkan anamnesis dan hasil pemeriksaan fisik, dan dipastikan dengan pemeriksaan laparoskopi (pemeriksaan yang sangat berguna untuk membedakan endometriosis dari kelainan-kelainan di pelvis).

Biopsi endometrium dapat memberi kepastian mengenai diagnosis. Pemeriksaan laboratorium pada endometriosis tidak memberi tanda yang khas, hanya apabila ada darah dalam tinja atau air kencing pada waktu haid dapat menjadi petunjuk tentang adanya endometriosis pada rektosigmoid atau kandung kencing. Pemeriksaan penunjang yang lain adalah: USG rahim, barium enema, CT scan atau MRI perut.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!