Mencegah Pendarahan Pasca Persalinan

Posted on

Prioritas pertama perawatan pasca persalinan adalah untuk meminimalkan  atau mencegah perdarahan. Setelah plasenta dilahirkan, perut ibu dapat dipijat secara berkala untuk membantu rahim berkontrasi dan tetap berkontraksi, sehingga mencegah terjadinya perdarahan yang berlebihan. Jika perlu, dapat diberikan suntikan hormon yang berguna untuk menstimulasi kontraksi rahim, namun pemilinan pada putting payudara ibu akan dapat merangsang kontraksi rahim secara alami tanpa pemberian obat-obatan.

Pada awal-awal pasca melahirkan kondisi rahim masih tetap membesar selama beberapa minggu. Kondisi otot perut dan kulit masih teregang bersama otot pelvis dan semuanya membutuhkan waktu yang agar kembali pada kondisi semula. Dalam hal ini diperlukan olah raga masa nifas atau disebut senam nifas. Diperkirakan seminggu pasca melahirkan guna menguatkan otot-otot dan mengembalikan ke bentuk semula. Selain itu menyusui juga dapat membantu mempercepat pemulihan kondisi tubuh, karena menyusui menyebabkan rahim berkontraksi dan mempercepat kembalinya ke ukuran normal. Jika kontraksi rahim bagus, maka kemungkinan terjadinya pendarahan dapat dihindari.

Perdarahan adalah penyebab tersering kematian ibu. Perdarahan tersebut bisa dialami oleh ibu baik ketika sedang hamil, pada saat persalinan dan dalam masa pemulihan selama 40 hari setelah melahirkan  (masa nifas).

Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya pendarahan pasca persalinan yaitu, Persiapan kesehatan ibu jangan terlalu lelah agar persalinan dapat berlangsung lancar. Seorang ibu hamil, sebaiknya sungguh sungguh mempersiapakan kesehataan fisiknya menjelang saat persalinan. Istirahat yang cukup akan sanagt membantu. Pada saat proses persalinan dibutuhkan waktu yang tidak singkat, ada proses demi proses dan tahapan persalinan. Bila seorang ibu kelelahan selama persalinan, kondisi tubuhnya tidak sehat, maka akan mempengaruhi kontraksi dari rahim. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya perdarahan.

Segera menyusui bayi setelah bayi lahir, agar membantu kontraksi rahim (proses mengecilnya kembali rahim ibu secara alami) hisapan bayi pada puting susu ibu akan merangsang keluarnya hormon  oksitosin yang membantu mencegah terjadinya perdarahan.

Dianjurkan menunda hubungan suami istri (hubungan seksual) sampai 40 hari . Hal ini bertujuan untuk menghindari perdarahan pada bekas luka jahitan jalan lahir dan memberi kesempatan pemulihan alat kandungan secara keseluruhan. Serta sebaiknya juga dihindari melakukan pemijatan oleh dukun atau siapapun pada bagian perut, hanya perlu pemijatan berkala yang ringan dan dapat dilakukan sendiri untuk merangsang kontraksi. Pada intinya pendarahan bisa dihindari jika kontraksi rahim bisa terjadi dengan baik, dan ditandai dengan mengerasnya bagian rahim yang dapat diraba di bagian perut. Biasanya setelah plasenta lahir, maka akan dapat diraba rahim ibu berada setinggi pusat.

Dan juga mempersiapkan kondisi ibu dengan baik untuk mengalami persalinan, mulai dari memeriksa kadar hemoglobin ibu, ukuran panggul ibu, perkiraan besar kepala bayi dan berat badan bayi, maupun faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan resiko perdarahan pasca persalinan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!