Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Posted on

tespek.com – Cara menghitung masa subur wanita setelah haid dapat dilakukan dengan beberapa cara, meski demikian ada beberapa hal yang umumnya mendasari perhitungan masa subur yang dianggap akurat oleh seorang wanita berbeda daripada wanita lainnya. Hal tersebut dapat dimungkinkan oleh beberapa hal berikut:

  1. Fluktuasi kondisi psikologis sang wanita dalam keseharian yang mempengaruhi siklus menstruasi
  2. Kebiasaan atau gaya hidup dari seorang wanita setelah menikah, mulai dari kebiasaan pola makan hingga pola aktivitas.
  3. Konsumsi obat-obatan yang digunakan sebagai pereda rasa nyeri akibat penyakit tertentu dan berpengaruh pada masa subur.

Setelah memperhatikan hal-hal diatas, Anda dapat mencoba beberapa cara untuk mengetahui masa subur, antara lain:

  • Cek lendir serviks

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengecek masa subur adalah dengan cara mengambil sampel lendir vagina. Sampel lendir di bagian vagina dapat memberikan gambaran awal kapan masa subur Anda. Hal ini karena kekentalan cairan vagina menunjukkan aktivitas hormon estrogen dan lutein yang akan berpengaruh pula pada masa ovulasi. Sistem pengecekan menggunakan lendir dapat Anda lakukan dengan mengambil lendir yang umumnya akan menempel pada bagian celana dalam atau cairan yang terasa lengket ketika membersihkan organ kewanitaan Anda setelah buang air kecil. Warna lendirnya bening dan elastis saat ditarik atau digosok-gosokan pada permukaan jari. Makin elastis lendir tersebut menandakan bahwa Anda sedang berada dalam puncak masa subur yang pastinya membuat prosentase kehamilan semakin tinggi ketika Anda berhubungan intim disaat tersebut. Jangan lupa untuk memastikan kekentalan lendir karena terkadang masih banyak wanita yang sulit membedakan lendir ini dengan lendir yang terjadi ketika keputihan dan pastinya lendir serviks tidak berbau menyengat ketika dibandingkan dengan bau lendir akibat keputihan.

  • Menghitung temperatur rata-rata tubuh

Cara kedua yang dapat Anda terapkan untuk mennghitung kapan masa subur Anda tiba adalah dengan menghitung rata-rata suhu tubuh setiap Anda mengalami siklus haid. Masa subur optimal biasanya ditandai dengan kenaikan suhu tubuh seorang wanita sekitar 0,5-1,5 derajat dari suhu tubuh normal pada saat sedang tidak ovulasi (sekitar 35-370C). Namun demikian, cara ini cukup sulit dilakukan dan jarang memberi hasil yang akurat terlebih ketika seorang wanita mengalami masa haid yang tidak teratur setiap bulannya. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba cara ini jika ingin mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan intim supaya cepat hamil.

  • Mencatat dan menghitung siklus haid

Cara menghitung masa subur wanita setelah haid yang satu ini dapat dikatakan sebagai cara yang paling akurat dibandingkan cara yang lainnya, dimana Anda akan diminta untuk selalu mencatat dan menghitung siklus haid yang dialami setiap bulan sebelum atau sesudah menikah.Perhitungan siklus haid tersebut akan menjadi lebih mudah ketika Anda adalah wanita yang memiliki siklus teratur selama haid. Namun sebelumnya, Anda harus memahami bahwa perhitungan masa subur dimulai dari 10-16 hari sebelum hari pertama Anda mendapatkan menstruasi, dengan catatan hari ke14 biasanya adalah puncak dari masa subur dimana prosentase kehamilan jauh lebih tinggi. Masing-masing wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, ada yang mengalami siklus 25 hari, 28 hari, bahkan ada yang mengalami siklus 33 hari. Oleh karena itu, agar tidak kebingungan akan lebih baik jika sebelum menikah Anda sudah melakukan observasi tentang masa subur dan puncak masa subur terkait siklus yang dimiliki. Sebagai contoh ketika Anda memiliki siklus haid selama 30 hari, maka puncak masa subur adalah hari ke-16 sebelum periode haid yang selanjutnya sedangkan rentang masa subur adalah hari ke 14-20. Jika Anda masih merasa tidak yakin, cobalah untuk berkonsultasi segera kedokter kandungan atau bidan yang ada di sekitar Anda.

  • Menggunakan monitor kesuburan

Cara berikutnya yang dapat dilakukan dengan prosedur medis adalah dengan menggunakan monitor kesuburan. Alat ini dapat mengukur kadar hormon lutein dan FSH yang mempengaruhi kestabilan masa ovulasi seorang wanita setiap bulannya. Dengan menggunakan alat ini, Anda akan mendapat perhitungan data masa subur dari hari ovulasi setiap bulan.

Setelah mengetahui cara-cara perhitungan diatas, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk membuat siklus haid lebih teratur dan perhitungan masa subur yang Anda lakukan lebih akurat.

  • Menghindari stres

Ada sebagian wanita yang mengalami PMS atau pre menstruation syndrome selama menjelang haid namun adapula yang tidak. Jika Anda ingin masa ovulasi yang Anda alami teratur, akan lebih baik jika sebisa mungkin Anda menghindari stres. Hal ini karena stres yang sangat tinggi, baik stres mental maupun fisik aka membuat produksi hormon kewanitaan Anda menjadi tidak stabil dan hal tersebut akan membuat masa ovulasi dan masa subur Anda tidak dapat diukur dengan akurat. Stres yang berlebih atau mengarah ke depresi akan membuat Anda dapat terkena efek samping lainnya seperti menderita suatu penyakit kronis.

  • Tidak mengkonsumsi obat-obatan yang menyebabkan ketidakstabilan hormon

Obat-obatan yang mengandung aspirin, senyawa penenang, atau endorfin jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih akan berakibat sangat tidak baik untuk tubuh. Hal tersebut karena senyawa tersebut akan membuat daya tahan tubuh melemah tanpa disadari dan pada kadar tertentu akan berakibat pada ketidakseimbangan hormonal yang lama kelamaan menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan tidak dapat diukur dengan tepat masa suburnya.

  • Mengkonsumsi air putih dalam kadar cukup

Air putih tak hanya baik untuk kesehatan organ seperti jantung, hati, atau ginjal, tetapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan organ reproduksi. Air putih akan membantu peredaran darah untuk mengalirkan nutrisi dan oksigen ke area ovarium sehingga produksi sel telur maupun pengaturan hormonnya lebih stabil. Ketika hormon yang berhubungan dengan siklus menstruasi seorang wanita seperti estrogen dan progesteron berada dalam kondisi stabil dan selalu terjaga dengan baik, maka lama kelamaan fase menstruasi Anda akan berlangsung secara teratur, sehingga nantinya perhitungan masa subur untuk Anda yang ingin segera hamil semakin akurat. Anda juga akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker serviks dan sebagainya.

  • Melakukan hubungan intim secara teratur

Melakukan hubungan intim dengan pasangan tidak hanya akan membuat mood Anda menjadi lebih baik. Sebenarnya tanpa disadari berhubungan intim dengan pasangan akan membuat produksi hormon serotonin stabil, ketika hormon serotonin ini stabil maka secara tidak langsung hormon yang berpengaruh pada kehamilan seperti lutein dan estrogen dapat terukur dengan baik. Disamping itu, berhubungan intim dengan kondisi yang menenangkan bersama pasangan juga meminimalisir Anda menderita penyakit yang berhubungan dengan organ seksual maupun peredaran darah yang tidak lancar. Semoga bahasan di atas dapat menambah pengetahuan Anda tentang bagaimana cara menghitung masa subur wanita setelah haid.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Hal yang sangat diidam-idamkan oleh setiap pasangan, mungkin juga termasuk Anda dan suami setelah menikah adalah memiliki anak. Namun, perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi kehamilan, salah satunya adalah faktor kesuburan, baik kesuburan Anda maupun suami. Kondisi ini sangat ditentukan oleh sistem seksual dan reproduksi yang sehat.

Dengan ungkapan lain, jika kesehatan seksual dan reproduksi Anda dan suami istri baik, maka kesuburan Anda berdua juga baik. Sebaliknya jika kesehatan sistem seksual dan reproduksi Anda dan suami terganggu, maka kesuburan Anda berdua juga terganggu.

Proses kehamilan diawali dengan bertemunya sel telur dengan sel spermatozoa saat Anda dan suami melakukan hubungan intim. Pada kondisi sehat dan normal, Anda dan suami hanya memerlukan paling lama 1 tahun untuk membuahkan kehamilan jika Anda berdua melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan kontrasepsi. Namun, jika lebih dari 1 tahun Anda belum hamil padahal Anda dan suami tidak menggunakan alat kontrasepsi dan melakukan hubungan seks secara teratur, maka Anda berdua termasuk pasangan yang tidak subur (infertil). Data dari sebuah sumber menunjukkan bahwa penyebab gangguan kesuburan 40% dialami oleh pihak suami (pria), 40% dialami oleh pihak istri (wanita), 10% kedua pihak dan 10% tidak diketahui.

Sementara itu, sel spermatozoa dikeluarkan oleh pria saat ejakulasi, yaitu puncak reaksi seksual yang disebut orgasme. Sedangkan, sel telur hanya dihasilkan oleh wanita pada masa subur. Masa subur ialah masa hidup sel telur sejak dikeluarkan dari indung telur dan selama sel ini bertahan hidup di dalam rahim. Empat belas hari sebelum masa menstruasi, wanita mengeluarkan sel telur dari indung telur. Lalu, sel telur tersebut masuk ke dalam rahim melalui saluran telur. Sel itu mampu bertahan hidup selama 48 jam di dalam rahim.

Sementara itu, cara menentukan masa subur wanita menurut informasi yang dilansir fitri.net adalah sebagai berikut :

Pertama, menghitung masa subur wanita yang memiliki siklus haid teratur 28 hari. Dalam perhitungan ini, masa subur wanita dengan siklus ini adalah pada hari ke-12 hingga hari ke-16. Saya ambil contoh Anda haid mulai pada tanggal 1 Juni 2012. Maka masa subur Anda adalah di tanggal 12 Juni 2012 hingga 16 Juni 2012. Perhitungan ini berlaku setiap bulannya.

Kedua, menghitung masa subur wanita dengan siklus haid yang tidak teratur 28 hari. Untuk mengetahui masa subur pada wanita dengan siklus ini, Anda dapat mulai mencatat jumlah hari dalam satu siklus yang diamati selama 6 bulan berturut-turut (6 kali haid). Bagaimana caranya? Kita artikan bahwa satu siklus haid adalah sejak pertama kali haid hingga datang haid yang berikutnya. Jumlah dari hari yang terpendek selama pengamatan dikurangi dengan 18. Nah, tanggal inilah yang nantinya akan menjadi hari pertama masa subur Anda. Juga jumlah hari yang terpanjang selama pengamatan dikurangi 11, akan menjadi hari terakhir dari masa subur.

Perhitungan sederhana yang kita peroleh dari bagian yang kedua ini adalah :

  • Hari pertama masa subur sama dengan jumlah hari terpendek selama pengamatan – 18.
  • Hari terakhir untuk masa subur Anda diperoleh dari jumlah hari terpanjang selama pengamatan – 11.

Contoh Kasus Menghitung Masa Subur Wanita

Ambil contoh begini ya … Setelah pengamatan selama 6 bulan berturut-turut Anda menemukan bahwa siklus yang terpendek untuk menstruasi Anda adalah 24 hari dan siklus yang terpanjang 33 hari. Maka cara yang tepat untuk menghitung masa subur Anda adalah :

25 – 18 = 7 dan 33 – 11 = 22.

So, masa subur Anda sebenarnya terjadi dari hari ke-7 setelah haid hingga hari ke-22. Begitu setiap bulannya.

UPDATE

Untuk memudahkan perhitungan masa subur setelah haid, silakan gunakan :

KALKULATOR MASA SUBUR. Silakan KLIK DI SINI

Dengan begitu, hubungan seksual yang dilakukan di luar masa subur itu tidak akan menyebabkan kehamilan. Maknanya juga, jika Anda ingin cepat punya momongan rutinlah melakukan hubungan intim pada masa antara hari ke-7 hingga hari ke-22 setelah haid Anda. Hahai … Jangan keseringan ya, cukup sekali dalam 3 hari. :mrgreen: Jangan lupa konsumsi makanan agar cepat hamil, kalau perlu minum susu juga.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!