Makanan Penyubur Agar Cepat Hamil

Posted on

Makanan penyubur agar cepat hamil. Anda sudah menikah beberapa tahun tapi belum juga dikaruniai anak? Jika ya, mungkin artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda dalam menjalani program kehamilan.  Kehamilan merupakan hal yang sangat dinanti oleh para pasangan yang baru menikah. Tapi, kadang ada beberapa pasangan yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan momongan.

Ada banyak usaha yang dapat dilakukan pasangan untuk mendapatkan keturunan. Selain menghubungi dokter, usaha lain yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan momongan adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan dapat menyuburkan kandungan.

Makanan yang Baik Dikonsumsi agar Cepat Hamil

Ada beberapa makanan yang dapat membantu mempercepat kehamilan Anda. Dalam makanan-makanan ini terkandung nutrisi yang dapat menyuburkan kandungan sehingga mempercepat proses kehamilan.  Apa saja makanan-makanan tersebut? Simak penjelasannya berikut.

  • Gandum yang masih utuh.

Gandum yang utuh ini baik bagi kesuburan Anda karena sangat bagus untuk insulin.  Gandum utuh merupakan salah satu jenis karbohidrat yang sangat baik untuk kesehatan. Ada jenis karbohidrat lain yang baik antara lain beras merah, roti gandum, jagung, serta havermout. Makanan-makanan ini dapat mempengaruhi insulin dan kadar darah.

  • Tanaman dengan protein tinggi.

Tanaman yang mengandung protein tinggi  yaitu kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, kacang panjang, dan sebagainya.  Selain mengandung protein yang tinggi, kacang-kacangan juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Hal ini sangat baik untuk kesuburan Anda.

  • Olahan susu dengan lemak yang tinggi.

Olahan susu seperti yoghurt keju, dan es krim mengandung lemak dan dapat disebut sebagai makanan yang dapat menyuburkan kandungan.  Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, makanan-makanan berlemak tersebut ternyata dalam meminimalisasi masalah  pembuahan. Selain mengandung lemak, produk-produk ini juga mengandung kalsium sebagai nutrisi kesuburan. Meskipun begitu, dalam mengkonsumsi makanan-makanan ini tentu tidak boleh berlebihan karena akan mengganggu kesehatan Anda.

  • Sayur dan buah yang segar.

Untuk menyuburkan kandungan Anda, Anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar seperti bayam, selada, kale, jeruk, alpukat, dan strawberry. Makanan-makanan ini mengandung asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini berperan dalam peningkatan produksi sel darah merah sehingga baik untuk kehamilan.  Selain itu, makanan-makanan ini juga dapat membantu perkembangan sistem syaraf pada bayi, mencegah kelahiran prematur, dan menyehatkan sperma.

  • Makanan dengan lemak baik.

Dalam usaha program kehamilan, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak, lemak tak jenuh, dan omega 3. Jenis lemak baik ini dapat membantu peningkatan sensitivitas insulin serta mencegah adanya peradangan. Makanan yang mengandung lemak baik ini antara lain alpukat, almond, kwaci, salmon, dan sarden. Makanan-makanan ini mengandung asam lemak dan vitamin C yang bagus untuk proses produksi sel sehat. Makanan-makanan ini mengandung phytosterols yang sangat baik untuk produksi hormon testosterone. Selain itu, makanan-makanan ini juga mengandung magnesium untuk keseimbangan kandungan prolactin, yaitu hormone yang dapat mempengaruhi testosterone. Almond dipilih karena mengandung 1-arginine dan zat besai yang dapat mempengaruhi sistem reproduksi seseorang. Sedangkan kwaci dipilih karena mengandung vitamin E yang tinggi dan baik untuk kesuburan.

  • Makanan dengan vitamin C yang tinggi.

Vitamin C dapat menjaga kesehatan sperma dan mencegah adanya penggumpalan pada sperma. Selain itu, Vit C juga dapat mempercepat pembuahan serta pelepasan sel telur. Makanan yang mengandung vit C yang tinggi antara lain kiwi, jeruk, anggur, strawberry, jambu, dan lain-lain.

  • Sayuran berpigmen.

Sayuran berpigmen adalah sayuran yang berwarna merah atau kuning. Sayuran berpigmen ini umumnya mengandung vitamin A yang tinggi dan beta karoten. Vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan alat reproduksi, perkembangan otak dan kesehatan mata. Sayuran berpigmen ini antara lain wortel, squash, labu, dan sebagainya.

  • Nanas

Dalam buah nanas banyak terkandung mineral misalnya mangan. Mangan ini merupakan enzim aktif yang dapat memicu produksi hormone reproduksi.  Kesulitan pembuahan pada seseorang biasanya berhubungan dengan rendahnya kadar mangan dalam tubuh.

  • Cabe

Makanan yang pedas dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, termasuk alat reproduksi. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa sistem reproduksi akan mendapatkan supply darah yang cukup sehingga menjadi lebih sehat. Selain itu, cabe juga dapat memicu produksi endorphin. Endoprhin merupakan hormon yang dapat melepaskan stres sehingga akan meningkatkan adanya pembuahan sel.

  • Makanan yang dapat membangkitkan gairah.

Coklat, asparagus, dan caviar dipercaya dapat menyuburkan. Oleh karena itu, pada abad ke 19 calon pengantin biasanya akan diberikan asparagus. Sedangkan coklat memiliki kandungan zat seperti dopamine dan asam amino yang dapat meningkatkan gairah atau mood seseorang.  Seseorang akan merasa relaks setelah memakan coklat.

  • Bawang merah

Berdasarkan sebuah penelitian ilmiah dengan melakukan percobaan memasukkan bawang merah ke dalam air minum sebanyak 100 mg per kg berat badan, diperoleh fakta bahwa bawang merah ini dapat memperbanyak jumlah sperma.

  • Madu

Madu mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatkan daya stamina seksual, fungsi ovarium serta baik untuk kualitas sel telur. Madu juga dipercaya bagus untuk produksi sel telur.

  • Tiram

Tiram dapat dimasukkan ke dalam daftar makanan yang baik untuk kesuburan karena mengandung zat besi yang tinggi.  Bagi pria, tiram ini mampu meningkatkan jumlah sperma, sedangkan untuk wanita tiram ini dapat membantu ovulasi agar lebih teratur.

Makanan Pantangan untuk Program Hamil

Selain makanan yang baik untuk kesuburan yang dapat mempercepat kehamilan, ada juga makanan yang justru dipantang saat Anda melakukan program kehamilan. Beberapa makanan tersebut antara lain?

  • Daging mentah dan setengah matang.

Makanan yang mentah atau yang masih setengah matang bisa tercemar bakteri atau kuman penyakit yang dapat menimbulkan infeksi. Bakteri yang umumnya ada dalam makanan mentah atau setengah matang antara lain Salmonella, yang dapat mengakibatkan keguguran, Listeria yang dapat menyebabkan janin meninggal dalam kandungan, Toksoplasma yang dapat menyebabkan janin abnormal, serta E. Coli yang dapat menyebabkan rusaknya ginjal dan usus.

  • Seafood

Kandungan zat besi, protein, dan omega 3 dalam makanan laut ini memang bagus untuk pertumbuhan otak bayi. Kekurangan zat-zat ini selama kehamilan dapat mengakibatkan adanya gangguan perilaku, kemampuan verbal, atau masalah lain yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak. Meski begitu, Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan laut ini karena bisa saja makanan ini mengandung merkuri. Kandungan merkuri yang tinggi dapat menghambat pertumbuhan janin khususnya sistem syaraf.

Tapi jangan buru-buru melenyapkan seafood dari menu makanan Anda. Anda masih bisa mengkonsumsi seafood seperti salmon, teri atau kakap. Pilih yang ikan yang segar dan tidak diternakkan. Maksimal mengkonsumsinya sekitar 340 gr per minggu. Sedangkan untuk seafood mentah seperti sushi mentah atau seafood yang diasapkan, sebaiknya dihindari dulu.

  • Kafein

Kafein yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil ternyata dapat masuk ke plasenta. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi system pernapasan serta detak jantung janin. Selain itu, beberapa studi menyebutkan kafein dapat menyebabkan berat badan bayi yang rendah sehingga berisiko keguguran atau meninggal saat baru lahir. Sebenarnya, konsumsi kafein dapat dilakukan dengan catatan tidak melebihi 300 mg per hari. Sebagai pengganti kafein, Anda dapat mengkonsumsi the celup dengan menambahkan jahe atau peppermint.

  • Teh Herbal

Teh herbal yang dibuat dengan menggunakan daun rosemary atau raspberry sebaiknya Anda hindari karena dapat menyebabkan adanya kontraksi. Untuk mengkonsumsi the ini sebaiknya Anda konsultasikan dulu pada dokter.

  • Pemanis Buatan

Pemanis buatan tidak bagus untuk kesehatan Anda apalagi untuk janin yang masih dalam tahap perkambangan organ tubuh. Meski efek yang ditimbulkan belum diketahui secara pasti, namun beberapa ahli kesehatan melarang wanita yang sedang hamil untuk mengkonsumsi pemanis buatan ini. Jika pun mau menggunakan pemanis, Anda dapat menggantinya dengan madu.

Itulah sedikit informasi tentang makanan yang baik dan yang tidak baik untuk program kehamilan. Semoga bermanfaat. Baca juga tentang Makanan untuk Kesuburan Wanita dan Buah yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!