Kontraksi yang Terjadi sebagai Tanda Persalinan

Posted on

Persalinan yang normal terjadi pada usia kehamilan antara 37 – 42 minggu. Jika bayi lahir pada usia kehamilan kurang dari 37 minggu, maka disebut lahir premature atau kurang bulan. Sedangkan jika bayi lahir setelah lewat dari usia kehamilan 42 minggu, maka disebut post matur atau lewat bulan. Meskipun perkiraan hari persalinan selalu jatuh pada usia kehamilan 40 minggu, dihitung sejak hari pertama haid terakhir (HPHT), namun terjadinya persalinan tidak selalu tepat pada hari perkiraan persalinan. Namun bisa hari perkiraan persalinan tersebut bisa dijadikan sebagai acuan untuk mempersiapkan masa-masa persalinan yang akan datang.

Pada bulan-bulan akhir kehamilan, tubuh anda memproduksi progesteron yang bertujuan melunakkan jaringan di sekitar cervix (leher rahim yang menghubungkan rahim dan vagina) dan pelvis (panggul) untuk persiapan proses melahirkan. Melahirkan di mulai saat kontraksi rahim mulai meregangkan jaringan di sekirar cervix (mulut rahim).

Salah satu tanda akan mulainya persalinan adalah timbulnya kontraksi rahim. Namun, bagi wanita kontraksi rahim sering dialami bukan pada saat akan melahirkan saja. Tetapi ketika menjelang menstruasi, saat menstruasi, akhir masa menstruasi, dan bahkan pada saat hamil, sejak awal dimulainya masa kehamilan, terkadang wanita sudah mengalami kontraksi rahim. Maka dari itu, wanita hamil perlu mengetahui dan membedakan antara kontraksi-kontraksi tersebut dengan kontraksi sebagai tanda akan dimulainya persalinan.

Bagaimana terjadinya kontraksi ketika menjelang masa persalinan?

Kontraksi yang terjadi pada masa menjelang persalinan berbeda dengan kontraksi-kontraksi yang biasa terjadi pada umumnya. Kontraksi pada umumnya terjadi secara tidak teratur, dan terjadi kapan saja tanpa aturan. Namun yang membedakan antara kontraksi umum dengan kontraksi saat akan dimulainya persalinan adalah waktu, lamanya, dan sifat dari kontraksi tersebut. Awal permulaan akan terjadinya proses persalinan ditandai dengan timbulnya kontraksi rahim ringan hingga sedang, namun terjadi secara teratur.

Pada kontraksi menjelang persalinan, waktu timbulnya kontraksi terjadi secara teratur, dan semakin lama akan semakin sering. Kemudian lamanya kontraksi terjadi, akan semakin panjang dan sifatnya kontraksi terjadi dengan sangat kuat dan keras. Rahim akan teraba sangat keras untuk beberapa saat selama kontraksi, dan muncul rasa nyeri yang sangat sakit dirasakan oleh ibu yang akan melahirkan. Rasa nyeri yang timbul akan menyebabkan sakit pada seputar rahim, perut depan hingga melingkar sampai bagian belakang. Dan kontraksi inilah yang akan mendorong janin agar semakin turun ke dalam jalan lahir hingga lahirnya bayi ke alam dunia.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!