Kondisi Rahim Setelah Melahirkan

Posted on

Kondisi rahim wanita yang awalnya sebesar telur bebek, kemudian membesar selama masa kehamilan. Dan akan kembali mulai mengecil setelah bayi lahir. Perubahan-perubahan yang dialami oleh rahim tentu saja suatu peristiwa yang luar biasa, namun demikian hal tersebut merupakan peristiwa yang alami, sehingga secara alami pula rahim akan mampu kembali seperti saat sebelum hamil. Namun, rahim butuh waktu untuk bisa melalui semua peristiwa yang menyebabkan beberapa perubahan pada rahim.

Saat bayi lahir, maka beban rahim menjadi sangat berkurang, sehingga ukurannya pun sudah dipastikan mengecil dari ukuran saat masih hamil. Pada saat proses persalinan, maka banyak pembuluh darah dinding rahim yang terputus, dan hal ini yang menyebabkan adanya pengeluaran darah saat melahirkan.

Pelepasan plasenta juga akan ditandai dengan adanya semburan darah dari dalam rahim, hal ini disebabkan oleh terlepasnya plasenta dari tempat tertanamnya plasenta, yaitu pada dinding rahim, dengan demikian sehingga akan banyak darah yang keluar. Dan pada plasenta merupakan terdapat saluran vena yang menghubungkan antara ibu dan janin.

Saat plasenta lahir, maka secara alaminya rahim akan berkontraksi untuk menutup kembali pembuluh darah agar pengeluaran darah bisa mengalir sebagaimana mestinya. Jika plasenta tidak lahir dalam waktu 30 menit setelah bayi lahir, maka akan rawan pula terjadi pendarahan, disebabkan karena rahim tidak akan berkontraksi sebagaimana mestinya jika masih terdapat barabg atau plasenta di dalamnya.

Rahim membutuhkan waktu untuk bisa pulih seperti saat sebelum hamil. Dan masa pemulihan ini disebut juga dengan masa nifas. Masa nifas normalnya berlangsung selama kurang lebih 40 hari atau selama 6 minggu. Normalnya, sejak hari pertama melahirkan secara alami sampai waktu 40 hari, ibu akan mengalami periode masa nifas (perdarahan sisa-sisa dari proses persalinan). Pada minggu pertama masa nifas, darah yang keluar berwarna merah segar (lochia rubra). Setelah itu selama dua minggu, warna darah yang keluar berubah menjadi kecokelatan dan kekuningan (lochia sanguinolenta). Berikutnya, mulai keluar lendir-lendir putih bening atau agak kuning (lochia alba).

Bila tak ada masalah, proses pulihnya rahim berlangsung sekitar 40 hari. Oleh sebab itulah, seminggu setelah persalinan, perlu dilakukan pemeriksaan ulang.  Salah satunya untuk melihat terjadi tidaknya kontraksi dan bersih tidaknya rahim dari sisa-sisa darah pascabersalin. Kontraksi menjadi penting karena tanpa adanya kontraksi-kontraksi yang kuat, ibu dapat mengalami ancaman perdarahan pascamelahirkan. Pemeriksaan kondisi fisik rahim ibu pada masa nifas umumnya akan dilakukan dokter satu minggu hingga satu bulan setelah ibu melahirkan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!