Kenali Jenis Tangisan Bayi

Posted on

Tangisan bayi merupakan cara komunikasi yang paling pertama dapat dikuasai oleh bayi. Melalui tangisan, bayi akan mengutarakan keinginan dan kebutuhannya. Namun tak banyak dikalangan ibu-ibu yang selalu memaknai tangisan bayi adalah karena lapar. Hampir setiap ibu, ketika bayinya menangis, maka segera menyodorkan payudaranya untuk disusui atau menggendongnya. Namun jika kedua hal tersebut telah dilakukan dan bayi masih tetap menangis, barulah bingung untuk mengatasi tangisan bayi tersebut.

Contoh beberapa tangisan bayi dan cara mengatasinya:

  • Tangisan aku ingin menyusu

Saat bayi lapar maka ia akan menangis lalu berhenti, menangis lagi dan kemudian berhenti lagi untuk mengambil nafas, biasanya mulut bayi akan mengecap membuka dan menutup, demikian seterusnya. Segera susui bayi anda hingga kenyang. Atau jangan-jangan memang sudah waktunya dia menyusu.

  • Tangisan popokku kotor

Bayi pun lebih suka dalam keadaan bersih dan kering. Saat popok kotor atau basah, maka dia merasa dalam keadaan yang tidak nyaman, sehingga menangis ingin popoknya agar segera diganti. Tangisan ini biasanya bayi akan menangis secara perlahan, namun semakin lama akan semakin keras dan badannya bergerak-gerak ke samping kanan dan kiri. Segera periksa popok dan jika telah basah atau kotor, segeralah ganti dengan yang bersih dan kering.

  • Tangisan aku bosan

Bayi selalu memerlukan rangsangan atau stimulasi, dan akan merasa bosan jika tidak mendapatkannya, karena ia akan bosan dengan satu aktivitas saja. Tangisan ini bisa dirancang untuk mendapatkan perhatian anda. Tangisan saat bayi anda bosan, biasanya lebih menyerupai teriakan dan akan terus menangis selama dia merasa bosan. Usahakan selalu berikan dia aktivitas yang baru dan berganti-ganti dalam memberikan rangsangan.

  • Tangisan badanku sakit

Bayi anda akan menangis jika ia merasa sakit. Tangisan ini adalah tangisan yang bernada tinggi, hampir seperti jeritan, terengah-engah saat bernafas, dan menjerit lagi. Cobalah temukan bagian badan bayi yang sakit, dengan cara memegang bagian-bagian tubuh bayi dan menggoyang-goyangkan lengan dan kakinya. Jika ia menjerit lebih keras saat dipegang atau digoyang pada bagian tubuh tertentu, kemungkinan ada yang sakit oleh sebab yang kita tidak ketahui. Mungkin kejatuhan sesuatu yang anda tidak lihat. Kompreslah bagian yang sakit dengan air hangat.

  • Tangisan minta gendong

Ketika merasa lelah, bayi anda akan menjadi lebih cengeng, meskipun tidak ingin tidur. Kepalanya mungkin saja akan mengangguk-angguk untuk beberapa detik dan terkadang akan menggosok-gosokkan tangan pada wajah dan matanya. Gendong dan ayunlah bayi anda hingga tertidur.

  • Tangisan kesepian

Bayi pun juga senang bergaul, ia tidak mau ditinggalkan kesepian. Dia selalu anda ingin menemaninya. Jika merasa kesepian, maka bayi akan menangis terdengar nada tangisan yang menyedihkan, seakan-akan dia tengah bersedih atau marah. Luangkan waktu anda untuk bersamanya. Jika anda sementara bekerja, gendonglah dan bawa di dekat anda sambil bekerja asal bukan pekerjaan yang bisa membahayakan. Jika tidak memungkinkan, setidaknya jarak anda dekat, sehingga sewaktu-waktu bisa menengoknya kembali.

  • Tangisan aku demam

Ukurlah suhu badan bayi anda ketika teraba hangat, menangis berkepanjangan, tidak mau makan, dan tidak bisa tidur. Dan segera periksakan ke dokter anda.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!