Jenis-jenis Gangguan Haid

Posted on

Saat sedang haid tidak semua wanita merasakan kenyamanan yang sama, terkadang terjadi gangguan-gangguan saat menstruasi, entah itu berupa keluhan yang bersifat ringan sampai keluhan yang teramat berat, apa saja jenis gangguang yang terjadi pada wanita yang sedang haid?

Gangguan saat hadi dapat digolongkan ke dalam beberapa kategori yaitu, kelainan dalam banyaknya darah dan lamanya pendarahan yang terjadi saat menstruasi, kelainan pada siklus, pendarahan yang terjadi diluar haid, dan gangguan gangguan lain seperti pre menstruasi  atau rasa nyeri saat ovulasi. Berikut sedikit penjelasan tentang masing-masing jenis gangguan haid.

  • Hipermenorea atau Menoragia

Yaitu pendarahan saat haid yang lebih banyak dari normal atau bahkan waktunya yang lebih lama terkadang disertai dengan bekuan darah sewaktu menstruasi. Penyebab-penyebabnya antara lain adalah Hiplopasia uteri yang dapat menyebabkan amonorea, astenia yang disebabkan karena tonus otot kurang, myoma uteri hal ini dikarenakan kontraksi otot rahim kurang, hepertensi, infeksi seperti endometritis, ratofleksi uterus yang disebabkan karena bendungan pembuluh darah balik penyakit darah. Hipermenorea atau Menoragia dapat diatasi dengan memberikan anti pendarahan seperti ergometrin tablet/injeksi.

  • Hipomenorea

Adalah pendarahan haid yang lebih pendek atau lebih kurang dari biasanya. Yang menjadi penyebabnya adalah karena kesuburan endometrium kurang akibat sedikitnya asupan gizi, penyakit menahun dan gangguan hormonal. Hipomenorea dapat diatasi dengan tindakan untuk merujuk kepada fasilitas yang tinggi dan lebih lengkap.

Jenis-jenis Gangguan Haid

  • Polimenorea atau Epimenoragia

Adalah siklus haid yang memendek dari biasanya yaitu kurang dari 21 hari, sedangkan pendarahan relatif sama atau bahkan lebih bnayak dari biasanya. Hal ini dapat disebabkan karena gangguan hormonal dengan umur korpus luteum memendek sehingga siklus menstruasi juga menjadi lebih pendek juga dapat disebabkan karena stadium proliferasi pendek atau stadium sekresi pendek atau karena keduanya.

  • Oligomenorea

Adalah siklus menstruasi yang memiliki waktu lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah pendarahan tetaplah sama. Hal semacam ini dapat disebabkan karena Perpanjangan stadium folikuller; perpanjangan stadium luteal; kedua stadium menjadi panjang.

  • Anemoria

Adalah keadaan dimana seorang wanita tidak datang haid selama 3 bulan berturut turut, jenis gejala ini dapat dibagi menjadi dua yaitu anemoria primer dan anomeria sekunder. Hal ini dapat disebabkan karena Fisiologis yang terjadi sebelum pubertas, dalam kehamilan, dalam masa laktasi maupun dalam masa menopause; gangguan pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium; kelainan kongenital; gangguan sistem hormonal; penyakit-penyakit lain; ketidakstabilan emosi; kurang zat makanan yang mempunyai nilai gizi lebih.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!