Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Hamil

Posted on

Mempunyai keturunan yang sehat merupakan harapan setiap pasangan, namun kebanyakan wanita tidak mengetahui kalau dirinya sedang hamil. Bahkan sampai bermingu-minggu pertama sehingga tidak ada tindakan yang bisa dilakukan yang bisa mendukung kesehatan si bayi yang sedang berada dalam janin. Seorang ibu yang sedang hamil harusnya tercukupi nutrisinya baik secara kuantitas maupun kualitas selama masa kehamilan, dan pemeriksaan sebelum hamil (prakonsepsi) mutlak sangatlah penting, terutama pada orang yang memang sebelumnya memiliki riwayat melahirkan dengan masalah medis tertentu.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Hamil

Ada beberapa hal yang baiknya anda perhatikan jika ingin memiliki anak yang sehat, antara lain :

  • Menghindari obat-obatan berbahaya, dalam hal ini contohnya seperti antibiotik tetrasiklin, obat anti kejang, pengencer darah dan ACE inhibitor. Hal ini bisa saja membahayakan janin. Maka dari itu sebaiknya anda memperhatikan obat-obatan yang akan anda konsumsi.
  • Memperhatikan kesehatan diri (Si ibu), jika anda memiliki tekanan darah tinggi, anda sangat perlu untuk melakukan pemeriksaan secara intens, karena kondisi seperti ini dapat menyebabkan risiko bayi akan lahir dengan cacat. Tidak hanya itu ada beberapa penyakit lain yang juga perlu untuk di kontrol terus menerus, seperti : asma, lupus, penyakit jantung dan epilepsi. Untuk melakukan tindakan pencegahan, berkonsultasilah dengan dokter kebidanan anda.
  • Melakukan vaksinasi sebagai tindakan pencegahan, ada beberapa vaksinasi yang bisa anda lakukan 3 bulan sebelum kehamilan untuk memberikan perlindungan pada si janin. Seperti : vaksin campak, tetanus, gondok, polio rubella dan hepatitis B.
  • Menjaga berat badan anda, obesitas/kegemukan bisa meningkatkan resiko terjadinya komplikasi. Maka dari itu, ada baiknya anda tetap menjaga berat badan anda agar tidak terlalu berlebihan, sehingga bisa mengurangi berbagai resiko komplikasi.
  • Mencari suplemen yang tepat, vitamin yang tepat merupakan elemen yang penting untuk menunjang kehamilan yang sehat, dan vitamin prenatal sebaiknya juga mengandung 400 mikrogram asam folat (hal ini untuk mencegah cacat lahir spinda bifida). Karena asam folat memang sangat penting dalam perkembangan janin di awal-awal pembuahan.
  • Mempersiapkan resiko yang mungkin di alami si bayi, keadaan kedua orang tua merupakan hal yang sangat mempengaruhi resiko yang nantinya akan di alami oleh si bayi. Dalam hal ini di harapkan anda melakukan skrining genetik untuk mencegah timbulnya penyakit tertentu.
  • Sebaiknya tidur selama 8 jam sehari, kegiatan dan aktifitas sehari-hari harus memperhatikan perubahan mental dan fisik yang terjadi. Dan perlu diperhatikan kalau diantara waktu kegiatan di perlukan waktu istirahat guna melemaskan otot-otot.
  • Menghindari hal-hal yang bisa mempengaruhi kesehatan diri dan janin, seperti tidak merokok ataupun menghisap asap rokok orang lain, tidak minum alkohol dan mengurangi kopi serta minuman yang bersoda karena bisa mengurangi kemampuan usus untuk menyerap kalsium dan zat besi.
  • Mengontrol kehamilan secara teratur ke dokter atau bidan. Manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya untuk bertanya (berkonsultasi) dan buat perencanaan untuk melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) segera setelah bayi lahir. Tanyakan pula secara detail mengenai tahapan dalam melakukan IMD untuk meningkatkan keberhasilan menyusui demi mendapatkan banyak manfaat dari proses IMD itu sendiri.
  • Memperhatikan atau memeriksakan diri bila ada keluhan pada daerah gigi dan mulut karena bisa saja menjalar kepada organ lain  dan mengganggu kehamilan dan tetap memperhatikan kebersihan diri, memakai pakaian yang nyaman kala berada di rumah, yaitu yang longgar, ringan, mudah dipakai dan menyerap keringat.

Baca juga Cara Cepat Hamil Selepas Keguguran

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!