Gejala Wanita Terkena PCOS

Posted on

Polycystic Ovary atau PCOS adalah gangguan keseimbangan hormonal pada wanita yang merupakan salah satu gangguan endokrin atau gangguan hormonal. kondisi ketidakseimbangan hormonal ini menyebabkan sel telur tetap kecil, tidak ada yg berkembang menjadi sel telur besar dan matang untuk bisa dibuahi oleh sel sperma.

  • Penyebab pasti dari kasus PCOS belum diketahui secara pasti. Para dokter tidak mengetahui apa yang menyebabkan PCOS, tetapi faktor berikut dapat memainkan peran Kelebihan insulin di dalam tubuh sehingga memacu produksi androgen di dalam indung telur.
  • Peradangan ringan sehingga memicu resistensi insulin dan akumulasi kolesterol di dalam pembuluh darah. Penelitian menunjukkan para wanita dengan PCOS memiliki peradangan ringan.

Gejala Wanita Terkena PCOS

Gejala yang diperlihatkan oleh penderita Polycystic Ovarian Syndrome kadang-kadang tidak jelas , namun perlu waspada Gejala PCOS  awal seperti :

  1. Jarang atau tidak pernah mendapat haid . (siklus haid lebih dari 35 hari ) . Namun ada pula beberapa penderita PCOS yang  mengalami haid setiap bulan namun tidak selalu mengalami ovulasi.
  2. Perdarahan haid tidak teratur atau berlebihan.
  3. Rambut kepala rontok dan rambut tubuh tumbuh secara berlebihan, disebabkan oleh kadar androgen yang tinggi
  4. Pertumbuhan jerawat. Pertumbuhan jerawat disebabkan pula oleh kadar androgen yang tinggi.
  5. Depresi. Perubahan hormon dapat menyebabkan gangguan emosi.
  6. Hirsutisme atau tumbuh rambut atau bulu pada dada, kaki dan muka.
  7. Berat badan yang bertambah, khususnya pada daerah sekitar pinggul.
  8. Warna kulit menjadi lebih gelap pada bagian kulit bawah lengan, dada, dan tengkuk.

Tidak perlu cemas dan takut, karena kondisi ini tidak termasuk kondisi yang berbahaya atau bisa merenggut jiwa. Yang terpenting adalah Jika postur tubuh terlalu gemuk turunkan berat badan mendekati berat badan ideal dan olahraga teratur. Nanti kalau diet dan olahraganya sudah berjalan, diharapkan haid akan teratur dengan sendirinya. 

Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk memperbaiki kesuburan dan juga dilakukan pemantauan kematangan sel telur, apakah ada  ovulasi atau tidak. Pengobatan sederhana seperti ini kadang hasilnya sangat memuaskan dan pasien bisa hamil.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!