Gangguan yang Berhubungan dengan Menstruasi

Posted on

Ada beberapa gangguan yang berhubungan dengan haid, yaitu sebagai berikut:

  • Premenstruasi sindrom (Ketegangan Pra haid)

Ketegangan sebelum haid terjadi beberapa hari sebelum haid bahkan sampai menstruasi berlangsung. Terjadi karena ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesterom menjelang menstruasi pre menstruasi terjadi pada usia reproduktif. Gejala ini dari premenstruasion adalah gangguan emosional seperti gelisah, susah tidur, perut kembung, mual muntah, payudara tegang dan terasa sakit, terkadang merasa tertekan. Terapi bisa dilakukan dengan cara olahraga. Perubahan diet (tanpa garam, kopi dan alkohol), mengurangi stres, konsumsi obat antidepressan bila perlu, namun sesuai dengan resep dokter, menekan fungsi ovulasi dengan kontrasepsi oral, progestin,konsultasi dengan tenaga ahli,untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  • Mastodinia atau Mastalgia

Adalah rasa tegang pada payudara menjelang haid.Sebab-sebab:Disebabkan oleh dominasi hormon estrogen, sehingga terjadi retensi air dan garam yang disertai hiperemia didaerah payudara.

  • Mittelschmerz (Rasa nyeri pada saat ovulasi)

Adalah rasa sakit yang timbul pada wanita saat ovulasi, berlangsung beberapa jam sampai beberapa hari di pertengahan siklus menstruasi. Hal ini terjadi karena pecahnya folikel de Graff. Lamanya bisa beberapa jam bahkan sampai 2-3 hari. Terkadang Mittelschmerz diikuti oleh pendarahan yang berasal dari proses ovulasi dengan gejala klinisseperti kehamilan ektopik yang pecah.

  • Dismenore

Adalah nyeri sewaktu haid. Dismenore terjadi pada 30-75 % wanita dan tidak memerlukan pengobatan. Penyebabnya dan patogenesis dari dismenore sampai sekarang belum jelas. Dismenore sendiri dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Dismenore Primer (dismenore sejati, intrinsik, esensial ataupun fungsional); adalah nyeri haid yang terjadi sejak pertama kal haid dan tidak terdapat kelainan pada alat kandungan. Bisa disebabkan karena faktor psikis, endokrin yaitu adanya peningkatan pada kadar  hormon prostalandin, hormon steroid seks, kadar vasopresin tinggi. Penyebab nyeri haid yang lain dari bagian perut menjalar ke daerah pinggang dan paha, terkadang disertai dengan mual dan muntah, diare, sakit kepala dan emosi labil. Terapi untuk menanganinya bisa diperoleh melalui psikoterapi, analgetik, dan hormonal.
  2. Dismenore Sekunder; terjadi pada wanita yang sebelumnya tidak mengalami dismenore. Hal ini terjadi pada kasus infeksi, mioma submucosa, polip corpus uteri, endometriosis, retroflexio uteri fixata, gynatresi, stenosis kanalis servikalis, adanya Alat kontrasepsi dalam rahim, dan tumor uteri.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!