Faktor Penyebab Susah Hamil

Posted on

Anak adalah dambaan setiap pasangan yang telah menikah. Baik itu pasangan yang menikah muda atau pun pasangan yang menikah di usia dewasa. Anak adalah kebahagiaan tersendiri yang dapat melengkapi kebahagiaan kehidupan rumah tangga. Bagi seorang Ayah yang tiap hari bekerja, anak adalah pengobat lelahnya. Begitu pun Ibu yang tiap hari dijejali aktivitas serupa, anak adalah pengobat kepenatannya.

Faktor Penyebab Susah Hamil

Namun tidak semua pasangan serta merta dikaruniai anak setelah mereka menikah. Bahkan ada yang telah menunggu bertahun-tahun, namun Tuhan tidak juga mengirimkan calon anak dalam rahim sang Ibu. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang membuat wanita susah punya anak. Berikut pemaparannya.

Faktor Penyebab Susah Hamil #1 :  Usia

Usia sangat mempengaruhi peluang Anda memiliki momongan. Karena semakin tua usia Anda, maka kondisi kesuburan Anda akan semakin menurun. Begitu juga pada kualitas sperma. Kualitas sperma akan semakin menurun seiring pertambahan usia. Ini terjadi pada usia 35 tahun ke atas. Usia di mana Anda mendekati masa-masa menopause. Jadi jika Anda sudah menikah, apalagi di usia yang terbilang dewasa, jangan lagi menunda-nunda untuk memiliki momongan.

Faktor Penyebab Susah Hamil #2 :  Gangguan Kesehatan atau Konsumsi Obat

Susah memiliki anak bisa juga disebabkan oleh gangguan kesehatan. Fisik yang tidak sehat bisa saja memicu kemampuan Anda untuk hamil menjadi rendah. Begitu pun dengan obat-obatan. Jangan mengkonsumsi sembarang obat, karena obat-obat tertentu dapat mempengaruhi tingkat kesuburan Anda dan menyebabkan Anda susah hamil. Jika ini terjadi, maka konsultasikanlah pada dokter kandungan Anda.

Faktor Penyebab Susah Hamil #3 :  Ketidakseimbangan Hormon

Obesitas dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon. Hormon androgen yang membawa sifat maskulin akan mendominasi dibanding jenis hormon yang lain. Jika hormon-hormon reproduksi dalam tubuh Anda tidak seimbang, maka proses ovulasi serta siklus haid Anda akan terganggu dan ini tentu saja memperkecil  peluang Anda untuk hamil.

Faktor Penyebab Susah Hamil #4 : Kerusakan Fisik Pada Ovarium

Kerusakan fisik pada ovarium ada banyak macamnya. Bisa saja berupa gangguan kista pada ovarium yang pada akhirnya mempengaruhi potensi Anda untuk hamil. Bisa juga berupa jaringan parut pada ovarium yang terbentuk karena operasi. Selain jaringan parut pada ovarium, jaringan parut pada panggul dan usus buntu juga dapat mengganggu potensi Anda untuk hamil.

Faktor Penyebab Susah Hamil #5 :  Menopause Dini

Menopause umumnya terjadi pada usia 40 tahun. Namun, ada beberapa wanita yang mengalami menopause dini. Artinya mereka kekurangan atau kehilangan siklus menstruasi sebelum memasuki usia 40 tahun. Menopause dini biasanya disebabkan oleh beberapa terapi pengobatan seperti radiasi.

Faktor Penyebab Susah Hamil #6 :  Gaya Hidup dan Diet Berlebihan

Segala hal yang berlebihan memang kurang baik. Termasuk dalam gaya hidup, misalnya diet berlebihan dengan niat agar telihat menawan dengan bodi yang langsing. Saran saya, Anda tidak perlu olahraga terlalu lelah atau diet berlebihan dengan mengkonsumsi obat-obat pelangsing, karena ternyata pola hidup seperti ini dapat mempengaruhi potensi Anda untuk hamil.

Itulah enam hal yang biasanya menyebabkan wanita susah hamil. Jadi, bagi Anda yang ingin segera menimang momongan, berusahalah menghindari keenam hal di atas sembari berdoa dan melakukan usaha-usaha peningkatan kesuburan.

Semoga bermanfaat. Baca juga tentang Makanan peningkat Kesuburan wanita dan

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!