Factor Apa Saja yang Menghambat Kehamilan?

Posted on

Salah satu rencana bagi pasangan yang telah menikah adalah memiliki keturunan. Namun tidak semua pasangan ditakdirkan untuk mudah dan segera hamil dalam waktu yang tidak lama setelah pernikahan. Ada beberapa pasangan yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Hal tersebut terjadi bukan hanya pada satu atau dua pasangan saja, tetapi sangat banyak pasangan di dunia ini yang harus menunggu dalam waktu yang lama untuk bisa memperoleh keturunan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa dikarenakan dari pihak wanita, dan bisa pula dari pihak pria.

Kesulitan dalam memperoleh keturunan merupakan suatu hal yang menandakan adanya masalah terhadap tingkat kesuburan pasangan. Oleh sebab itu, sebelum berencana sebaiknya perlu bagi setiap orang untuk mengetahui tentang masalah-masalah infertile atau beberapa hal mengenai kesulitan dalam memperoleh kehamilan. Karena dengan adanya pengeetahuan mengenai hal tersebut, maka seseorang akan bisa menghindari sejak dini dari factor-faktor yang bisa menyebabkan sulit memperoleh keturunan. Kesuburan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi kehamilan.  Nah, sebenarnya factor apa saja yang dapat menghambat terjadinya kehamilan?

Factor-faktor yang dapat menghambat kehamilan pada wanita:

  • Adanya gangguan system hormonal

System hormonal dalam tubuh sangat berpengaruh terhadap kelancaran siklus menstruasi. Salah satu untuk menilai apakah hormone dalam tubuh wanita seimbang atau tidak, adalah dengan memperhatikan siklus haidnya. Jika hormone dalam tubuh tidak seimbang, maka kinerjanya pun tidak optimal. Dengan demikian siklus menstruasi pun tidak berjalan sebagaimana mestinya, dan dengan siklus haid yang tidak normal, maka bisa diprediksi bahwa sel telur wanita tidak diproduksi tiap bulannya oleh indung telur. Atau sel telur tidak bisa matang atau melepaskan diri untuk siap dibuahi oleh sel sperma. Dan hal ini tentu menyulitkan untuk bisa terjadinya pembuahan dalam rahim, sehingga wanita pun akan sulit untuk hamil. Oleh sebab itu, pola hidup sehat sangat berperan penting dalam menyeimbangkan hormone dalam tubuh.

  • Infeksi pada organ reproduksi

Infeksi merupakan terjadinya peradangan dalam tubuh, dalam hal ini adalah infeksi pada organ reproduksi. Nah jika organ reproduksi yang berperan penting dalam memperoleh kehamilan terganggu, maka bisa diprediksi wanita akan lebih sulit untuk hamil. Karena infeksi bisa saja merusak indung telur, saluran indung telur, maupun rahim. Selain pada organ tersebut, infeksi bisa saja menyerang pada daerah vagina, sauran vagina, dan serviks. Jika terjadi infeksi di dalamnya, maka pertemuan sel telur dengan sel sperma bisa terhambat, sehingga akan sulit untuk terjadi pembuahan. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan merupakan hal utama untuk mendapatkan organ reproduksi yang sehat.

  • Penyakit menular seksual (PMS)

Penyakit menular seksual sangat beraneka ragam jenisnya. PMS bisa menurunkan tingkat kesuburan, dan selain bisa berbahaya terhadap wanita atau pria, maka PMS bisa juga membahayakan bagi janin jika terjadi kehamilan karena akan semakin beresiko untuk bisa tertular penyakit tersebut.

  • Pengaruh berat badan

Berat badan yang ideal dalam merencanakan kehamilan adalah berat badan yang normal. Jika berat badan berlebih atau sebaiknya, merupakan tanda bahwa ada gangguan pada system metabolisme dalam tubuh. hal ini bisa menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormone dalam tubuh, sehingga bisa saja mempengaruhi tingkat kesuburan menjadi menurun. Dengan demikian, maka kemungkinan sulit hamil bisa terjadi.

  • Adanya penyumbatan atau perlengketan pada saluran indung telur (tubafallopi)

Penyumbatan atau perlengketan saluran indung telur akan menyebabkan sel telur tidak bisa melewati saluran tuba sebagai tempat pertemuannya dengan sel telur. Jika saja sel sperma bisa mencapai sel telur, maka kemungkinan hamil di luar kandungan bisa terjadi. Untuk mengetahui adanya perlengketan tersebut, maka dokter akan menyarankan anda untuk melakukan pemeriksaan HSG, dilakukan peniupan dengan menggunakan cairan kontras.

  • Adanya kista dan myoma

Adanya kista ataupun myoma tentu akan mengganggu kondisi rahim untuk mempersiapkan kehamilan, atau mengganggu produksi sel telur, jika berada pada indung telur. Walaupun bisa terjadi konsepsi, akan tetapi beresiko akan terjadinya gangguan kehamilan dikarenakan kista atau myoma tersebut, karena bisa menyebabkan perdarahan saat hamil. Namun, tidak semua jenis kista menghambat kehamilan, ada kista yang bersifat jinak dan memiliki ukuran yang kecil, tetap bisa menjaga kehamilan sampai tiba masa persalinan.

  • Kelainan bentuk rahim

Bentuk rahim wanita bermacam-macam, namun bentuk yang paling ideal dan yang normal adalah retrofleksi, yaitu dengan bentuk agak melengkung cenderung ke depan. Namun banyak pula wanita dengan bentuk rahim metrofleksi, yaitu melengkung cenderung kea rah belakang juga bisa terjadi kehamilan.

Adapun factor penyebab kesuburan pria adalah tergantung dari tingkat kwalitas spermanya. Dan kwalitas sperma bisa dipengaruhi oleh gaya hidup.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!