Efek Samping Pil KB

Posted on

Efek samping Pil KB. Penting bagi pasutri untuk menentukan alat kontrasepsi yang tepat bagi keharmonisan rumah tangga. Selain untuk membatasi dan menunda kehamilan, alat kontrasepsi juga bermanfaat untuk memudahkan mengatur jarak kehamilan.

Namun pada praktiknya, ada beberapa isu atau wacana yang beredar di masyarakat tentang alat kontrasepsi. Berikut kami jelaskan benar tidaknya isu tersebut.

Efek Samping Pil KB

  • Alat kontrasepsi dapat menyebabkan wajah berjerawat.

Secara fisiologi pada siklus menstruasi normal, terdapat produksi hormon-hormon yang paralel dengan pertumbuhan lapisan rahim untuk mempersiapkan implantasi (perlekatan) dari janin (proses kehamilan). Dimana hormon-hormon tersebut adalah, FSH yang dikeluarkan oleh hipofisis merangsang perkembangan folikel-folikel di dalam ovarium (indung telur). Pada umumnya hanya 1 folikel yang terangsang namun dapat perkembangan dapat menjadi lebih dari 1, dan folikel tersebut berkembang menjadi folikel de graaf yang membuat estrogen. Estrogen ini menekan produksi FSH, sehingga hipofisis mengeluarkan hormon yang kedua yaitu LH. Produksi hormon LH maupun FSH berada di bawah pengaruh releasing hormones yang disalurkan hipotalamus ke hipofisis. Penyaluran RH dipengaruhi oleh mekanisme umpan balik estrogen terhadap hipotalamus. Produksi hormon gonadotropin (FSH dan LH) yang baik akan menyebabkan pematangan dari folikel de graaf yang mengandung estrogen. Estrogen mempengaruhi pertumbuhan dari endometrium. Di bawah pengaruh LH, folikel de graaf menjadi matang sampai terjadi ovulasi. Setelah ovulasi terjadi, dibentuklah korpus rubrum yang akan menjadi korpus luteum, di bawah pengaruh hormon LH dan LTH (luteotrophic hormones, suatu hormon gonadotropik). Korpus luteum menghasilkan progesteron yang dapat mempengaruhi pertumbuhan kelenjar endometrium. Bila tidak ada pembuahan maka korpus luteum berdegenerasi dan mengakibatkan penurunan kadar estrogen dan progesteron. Penurunan kadar hormon ini menyebabkan degenerasi, perdarahan, dan pelepasan dari endometrium. Proses ini disebut haid atau menstruasi.

Perlu dipahami bahwa ada 2 jenis alat kontrasepsi yang merupakan alat kontrasepsi hormonal yaitu PIL dan suntik KB.

Kedua alat kontrasepsi ini menggangu kerja hormon tersebut dengan menghambat pelepasan sel telur dari ovarium setiap bulannya. Selain itu, juga dapat mengurangi jerawat dan dapat memperhalus kulit terutama PIL KB. Namun pada beberapa wanita alat kontrasepsi ini tidak cocok sehingga menimbulkan efek samping seperti wajah berjerawat dan berat badan naik.

Jadi sebelum menggunakan alat kontrasepsi sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang kelebihan dan kekurangan setiap jenis alat kontrasepsi sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir.

  • Pemakaian alat kontrasepsi yang tidak teratur dapat membantu bagi wanita untuk hamil.

Penting bagi ibu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap jenis alat kontrasepsi. Diantara berbagai macam alat kotrasepsi, ada beberapa yang setelah pemakaiannya dapat segera mengembalikan kesuburan seperti PIL KB, IUD (Intra Uterine Device), dan implant. Selanjutnya, dari ketiga alat kontrasepsi tersebut, PIL KB merupakan alat kontrasepsi yang relatif mudah diperoleh dan digunakan. Artinya, alat kontrasepsi ini hanya mengembalikan siklus menstruasi seperti semula bukan memperbaiki siklus menstruasi.

Siklus normal menstruasi yaitu tidak kurang dari 24 hari tetapi tidak melebihi 35 hari, lama haid 3-7 hari. Dengan jumlah darah selama haid berlangsung tidak melebihi 80 ml, ganti pembalut 2-6 kali perhari. Sehingga pada pemakaian alat kontrasepsi yang tidak teratur pada wanita yang masa suburnya tidak teratur pula, sulit untuk memiliki ovum yang berkualitas untuk dibuahi yang selanjutnya akan mengakibatkan kegagalan untuk hamil.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan tetap berkunjung ya bu. Baca juga tentang tips hamil di usia tua

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!