Dari Mana Bayi Mendapatkan Kekebalan Tubuh?

Posted on

Sistim imun atau kekebalan tubuh diibaratkan sebagai perisai yang melindungi bayi dari serangan benda asing, misal, mikroorganisma (kuman, virus, bakteri), sel-sel kanker, dan lain sebagainya. Antibodi yang disuplai plasenta kepada janin sepanjang trimester ketiga saat masih di dalam kandungan. Antibodi ini menjadi modal bagi bayi selama 3 bulan pertama kehidupannya.

Sistem imunitas khusus yang sehat juga dapat mengatur proses penyembuhan tubuh dan mencegah berbagai penyakit, termasuk infeksi. Bila penyakit tidak sembuh juga setelah dilawan oleh dua sistem kekebalan tubuh tersebut, baru diperlukan obat atau tindakan medis untuk menyembuhkan bayi Anda

Kekebalan ini disebut pasif, karena tidak dibuat sendiri oleh tubuh bayi. Bayi memiliki antibodi yang diterima melalui plasenta selama berada dalam kandungan ibunya, dan melalui air susu ibu (ASI) setelah mereka lahir. Antibodi adalah zat dalam darah manusia yang dapat membunuh atau melemahkan kuman penyakit dan racun-racun lain yang masuk ke dalam tubuh.

Mengingat pembentukan antibodi dirangsang oleh antigen (misalnya, kuman penyakit dan racun-racun yang dihasilkannya) yang masuk ke dalam tubuh ibu, maka antibodi dalam tubuh anak dan ibu adalah antibodi terhadap kuman penyakit yang ada di lingkungan di mana ibunya tinggal atau tempat lain yang sering ia kunjungi. Itu sebabnya, bayi baru lahir sangat dianjurkan untuk seminimal mungkin disentuh atau berhubungan dengan orang asing. Saran ini pulalah yang sebaiknya diingat saat membawa bayi bepergian.

Sejak hari pertama sampai kurang lebih seminggu kemudian, keluar cairan bening berwarna kekuningan dari payudara yang dikenal dengan nama kolostrum atau susu jolong. Kolostrum ini kaya zat kekebalan tubuh yang dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi yang disebabkan bakteri, virus maupun jamur.

Jadi, dengan mendapat kolostrum dan ASI, anak bisa mendapat tambahan perlindungan atau kekebalan pasif sampai ia mampu membentuk antibodi sendiri dengan kadar yang cukup pada usia di atas 3 bulan. Dengan begitu, bayi jadi jarang sakit sehingga pertumbuhan dan perkembangannya tentu akan lebih baik. Dengan demikian, bayi memperoleh kekebalan tubuh melalui ASI ekslusif, sejak pertama lahir hingga berusia 6 bulan hanya perlu mengkonsumsi ASI saja tanpa tambahan makanan yang lan. Nanti ketika telah berusia 6 bulan, maka bayi perlu nutrisi tambahan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!