Dampak Bayi Terlalu Lama di Jalan Lahir

Posted on

Banyak ibu yang harus berjuang berjam-jam, bahkan berhari-hari untuk melahirkan, atau biasa disebut mengalami persalinan lama. Persalinan yang lama ketika telah memasuki kala II, yaitu proses pengeluaran kepala bayi,maka akan menyebabkan bayi berada di jalan lahir dalam waktu yang lama. Jika bayi terlalu lama berada di jalan lahir, maka akan menimbulkan beberapa komplikasi persalinan lama baik pada ibu maupun bayi.

Masalah yang timbul pada bayi akibat dari proses persalinan yang terhambat biasanya memang akan hilang sendiri jika diberikan perawatan yang tepat. Masalah yang sering terjadi ketika bayi terlalu lama di jalan lahir adalah:

  • Masalah pada ibu

Akibat dari proses kelahiran yang lama, atau bayi yang terlalu lama di jalan lahir adalah akan menimbulkan masalah kesulitan akan persalinan. Jika ibu telah lelah dalam berkuat, sementara bayi juga tak kunjung lahir, maka akan diambil tindakan untuk memaksa agar bayi bisa keluar. Ibu akan mengalami persalinan forsep maupun cunam. Hal ini tentu lebih menyakitkan bagi ibu dibandingkan jika kelahiran berlangsung dengan kekuatan ibu sendri tanpa harus ada bantuan peralatan untuk mengaluarkan kepala bayi.

Masalah lain yang bisa timbul adalah perlukaan pada jalan lahir akan semakin luas dan semakin berat akibat dari beberapa peralatanhang harus dimasukkan untuk menjemput bayi agar bisa keluar. Biasanya memang akan dilakukan episiotomy atau menggunting dengan sengaja di antara vagina dan anus atau menyamping, agar jalan lahir lebih terbuka luas, sehingga kelahiran bayi akan lebih mudah.

  • Masalah pada bayi

Masalah yang terjadi pada bayi akibat terlalu lama di jalan lahir, biasanya adalah trauma pada kepala bayi. Hal ini karena memang tujuan utama pada saat proses kelahiran, adalah pengeluaran kepala bayi, sehingga jika kepala bayi telah lahir, maka kemungkinan melahirkan bagian tubuh bayi yang lainnya akan lebih mudah, meskipun terkadang terdapat distosia atau hambatan pada kelahiran bagian bahu janin.

Kepala bayi anda ketika lahir bisa timbul semacam benjolan yang teraba lembek dan membuat kepala bayi berbentuk lebih lonjong dari bentuk yang aslinya. Namun hal ini bisa  sembuh dengan cara lebih sering membaringkan bayi, dan tidak sering mengangkatnya, terutama bagian kepala bayi harus selalu hati-hati ketika akan menyusui atau membersihkan bayi. Selain itu terkadang juga akan terjadi pendarahan pada bagian kepala bayi, namun darah tetap berada di bagian bawah kulit, sehingga akan ada pengobatan khusus yang dilakukan oleh dokter untuk menanganinya.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!