Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Posted on

Mengkonsumsi makanan sehat dan tepat sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya. Jumlah kandungan gizi yang terdapat pada makanan lebih penting dibandingkan dengan jumlah porsi makanan yang dimakan. Karena banyaknya jumlah makanan yang dimakan belum menjadi jaminan bahwa ibu hamil tersebut telah memenuhi asupan gizi yang seimbang. Kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin hanya akan diperoleh melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh ibu yang mengandungnya. Kuncinya adalah, mengatur menu makanan sehat dan mengkonsumsinya dengan pola makan yang teratur.

Berikut informasi mengenai daftar makanan yang sehat untuk ibu hamil

  • Protein: Ibu hamil memerlukan protein sebagai nutrisi penunjang untuk pertumbuhan janin. Sumber protein sangat mudah didapatkan di sekitar kita dan tidak perlu harus yang mahal. Makanan yang mengandung protein hewani diantaranya adalah, tahu, tempe, telur, ikan, seafood, unggas, hati, daging sapi, kacang-kacangan, sereal, susu beserta olahannya seperti yogurt dan keju.
  • Lemak: Lemak membantu tubuh dalam menyerap nutrisi dan menghemat protein yang berfungsi untuk pertumbuhan janin. Namun demikian, dalam keadaan hamil pun juga harus membatasi asupan lemak karena mengandung kalori yang sangat tinggi. Sumber lemak terdapat pada daging berlemak, susu, mentega, dan minyak.
  • DHA: Asam lemak dokosaheksaenoat (DHA) sangat penting untuk kebutuhan perkembangan otak janin. DHA dapat diperoleh dari telur, daging, hati, dan ikan.
  • Karbohidrat dan Serat: Sumber energi penting lainnya yang dibutuhkan saat hamil adalah karbohidrat dan serat. Karbohidrat dapat diperoleh dari nasi, roti, sereal, gandum, kentang, dan jagung. Ibu hamil seringkali mengalami sembelit, sehingga sangat dibutuhkan sumber serat dalam makanan. Serat dapat diperoleh dari papaya masak, pisang, apel, alpukad, gandum, buah-buahan segar lainnya dan sayuran segar.
  • Vitamin dan mineral: Ibu hamil akan membutuhkan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari biasanya. Vitamin dan mineral lebih banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran dibandingkan dengan makanan lainnya. Hamper semua jenis buah-buahan dan sayuran segar menjadi sumber vitamin dan mineral. Seperti, apel, pir, jeruk, jambu, mangga, wortel, tomat dan lain-lainnya.
  • Asam folat: Asupan asam folat sangat penting dikonsumsi sebelum pembuahan dan pada saat awal kehamilan. Kandungan asam folat berfungsi untuk mencegah terjadinya cacat lahir saluran saraf. Sumber asam folat yang baik dapat diperoleh dari papaya masak, pisang, alpukad, brokoli, asparagus, dan sayuran berwarna hijau lainnya.
  • Zat besi: Kebutuhan zat besi akan meningkat seiring dengan meningkatnya volume darah saat hamil. Zat besi adalah komponen utama hemoglobin (Hb) yang berfunfsi mengangkut oksigen dan zat-zat yang diperlukan oleh janin. Suplemen zat besi juga dibutuhkan untuk pencegahan anemia saat hamil. Makanan yang mengandung  zat besi diantaranya adalah daging sapi, hati, bayam, daun singkong, kacang-kacangan, kangkung dan sebaginya.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!