Ciri-Ciri Pria Mandul dan Faktor Penyebabnya

Posted on

Kemandulan adalah suatu hal yang pasti sangat tidak diinginkan oleh pasangan suami istri. Infertilitas tidak hanya dialami oleh wanita saja, tetapi pria juga sangat mungkin terkena gangguan ini. Pada pria, gangguan ini memang agak sulit dideteksi sehingga banyak orang yang tidak sadar jika dirinya mengalami gejala ketidaksuburan. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kesuburan pria adalah dengan pemeriksaan medis yang tentunya akan lebih akurat karena akan dilihat seberapa banyak sel sperma yang ada pada cairan semen.

Ciri-Ciri Pria Mandul dan Faktor Penyebabnya

Selain pemeriksaan secara medis, kita juga dapat mengetahui ciri-ciri pria mandul yang dapat dideteksi dari kondisi spermanya. Sperma yang memiliki kualitas buruk ditandai dengan:

  • Bau yang menyengat
  • Terlalu encer
  • Jumlah sel sperma yang kurang dari rata-rata. Jumlah sel yang normal adalah sekitar 20-40 juta.
  • Banyak sel sperma yang tidak sempurna sehingga tidak mampu membuahi.
  • Terdapat dua sel sperma yang menempel satu sama lain
  • Pergerakan sel sperma lambat

Selain mengetahui ciri-ciri pria mandul, Anda juga harus memahami faktor penyebab ketidaksuburan pada pria sehingga dapat menghindarinya. Faktor penyebab infertilitas ada dua yaitu faktor genetik dan faktor eksternal. Faktor genetik adalah salah satu penyebab yang sulit dihindari karena merupakan sifat turunan. Sel sperma mengandung kromosom yang membawa sifat turunan. Jika kromosom mengalami kelainan, maka kemungkinan untuk membuahi sel telur akan semakin kecil atau bahkan tidak mampu melakukan pembuahan.

Faktor eksternal penyebab kemandulan ada bermacam-macam salah satunya adalah infeksi penyakit menular seksual. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual sehingga sebaiknya berhati-hati dalam memilih pasangan. Setia pada satu pasangan saja akan memperkecil resiko tertular penyakit ini. Selain perilaku seksual yang salah, radiasi juga dapat memicu infertilitas. Radiasi ini bisa berasal dari telpon genggam yang biasa diletakkan di saku celana. Telpon genggam yang diletakkan di dekat alat reproduksi akan menurunkan tingkat kesuburan yang berujung pada kemandulan permanen. Jadi, agar tidak muncul ciri-ciri pria mandul pada diri Anda, hindarilah faktor penyebabnya.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!