Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar

Posted on

Kehamilan kembar adalah kehamilan yang terjadi dengan jumlah lebih dari satu janin. Banyak wanita atau pasangan yang sangat mendambakan untuk memiliki anak kembar. Alasannya karena anak kembar terlihat lebih menyenangkan dan menggemaskan, juga agar satu kali melahirkan sudah memiliki lebih dari satu orang anak. Kehamilan kembar bisa terjadi kepada wanita mana saja, namun belum jelas tentang apa saja yang bisa berhasil dalam usaha mendapatkan bayi kembar. Beberapa hal yang diduga, menjadi factor yang dapat mempengaruhi kehamilan kembar, yaitu umur, keturunan dan hereditas atau jumlah persalinan. proses pembuahan hamil kembar, berbeda dengan pembuahan pada kehamilan tunggal.

Kehamilan kembar bukan hanya sesuatu yang menyenangkan saja, tetapi juga terdapat resiko-resiko yang bisa saja terjadi akibat kehamilan kembar ini. Misalnya, perdarahan, kelahiran premature, dan berat badan lahir rendah, bahkan sangat rendah. Untuk upaya mendegahan akan adanya resiko-resiko tersebut, maka diupayakan agar ibu hamil tersebut mau memeriksakan kehamilannya secara rutin pada jadwal kunjungan yang telah ditentukan oleh petugas kesehatan, bidan atau dokter yang memeriksanya. Maka dari itu, sebelum dilakukan pemeriksaan pada pertengahan atau akhir kehamilan melalui USG untuk memastikan, sebaiknya perlu mengetahui cirri-ciri atau tanda dan gejala kehamilan kembar. Dengan demikian, ibu hamil tersebut bisa mengenali bahwa dirinya sedang hamil anak kembar. Sehingga dalam penjagaan dan mengkonsumsi kebutuhan nutrisi pun juga terjaga dengan baik.

Ciri-ciri kehamilan kembar:

  • Akan Nampak rahim atau perut ibu hamil lebih besar dari pada perkiraan usia kehamilan pada umunya. Dan perkembangannya pun sangat cepat dibandingkan pada kehamilan tunggal.
  • Penambahan berat badan ibu hamil sangat cepat, dan kebutuhan nutrisinya lebih tinggi, sehingga dengan demikian ibu hamil akan lebih cepat merasa lapar, dan pada akhirnya pertambahan berat badannya pun sangat meningkat.
  • Ibu yang hamil kembar, maka akan merasakan gerakan-gerakan janinnya lebih dari satu tempat. Biasanya bisa merasakan gerakan pada sisi perut pada sisi kanan perut dan bersamaan pula merasakan pergerakan pada sisi kiri.
  • Keluhan-keluhan masa kehamilan akan dialami lebih parah dibandingkan dengan kehamilan tunggal. Mungkin saja mengalami hiperemesis gravidarum, atau sakit kepala dan lain-lainnya.
  • Pada pemeriksaan jantung menggunakan alat periksa manual, maka akan di dengar detak jantung janin dengan dua atau lebih pada sisi yang berbeda.
  • Pada pemeriksaan USG akan semakin jelas, dengan kelihatan bahwa ada dua janin yang ada dalam rahim.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!