Cara tespeck yang Akurat untuk Menguji Kehamilan

Posted on

Untuk mendeteksi awal kehamilan, perlu dilakukan dengan menggunakan alat tertentu, karena hal ini bukanlah suatu perkara yang mudah untuk diketahui secara tepat. Bahkan bagi wanita yang sudah pernah hamil sebelumnya. Gejala awal kehamilan memang cenderung berubah-ubah sehingga menyulitkan untuk mengetahuinya lebih awal. Membaca gejala ini pun dirasa tidak cukup untuk memastikan kehamilan sehingga wanita cenderung perlu untuk memeriksakan diri sebelum yakin ia hamil ataupun tidak. Sebelum memeriksakan diri ke dokter kandungan, biasanya jalan paling praktis yang dilakukan untuk memastikan kehamilan yakni dengan menggunakan tespeck kehamilan.

Test pack adalah merupakan alat dengan ukuran kecil yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Cara kerjanya dengan menggunakan sistem penghitungan kadar hormone hCG atau Human Chorionic Gonadotropin. Jika seorang wanita hamil, maka kadar hormone tersebut akan meningkat akibat dari terbentuknya organ seperti cakram yakni plasenta yang menyelimuti janin. Apabila kadar hCG dalam urin sudah mencapai minimal 25 mlU/ml maka alat tes kehamilan ini akan menunjukan hasil positif. Ada dua jenis test pack yakni compact dan strip, cara penggunaan strip dengan mencelupkan atau menyentuhkan ujung strip pada urin sedangkan jenis compact dengan meneteskan air seni pada bagian alat yang telah disediakan.

Waktu yang paling baik untuk mengetes kehamilah adalah pada waktu pagi hari karena cairan yang kita minum dapat mengencerkan hCG dalam urin. Pada saat tidur kita tidak minum selama berjam-jam sehingga jika ada kenaikan hCG lebih mudah untuk terdeteksi pada pagi hari meskipun sebenarnya tes ini dapat dilakukan sewaktu-waktu.

Tips melakukan tespeck agar hasilnya lebih akurat:

  • Pada saat membeli pilih alat yang paling sensitif, tanyakan pada petugas apotek untuk minta rekomendasi mana yang paling baik.
  • Periksa tanggal kadaluarsa. Sebab test pack juga dilengkapi dengan tanggal expired. Jika melewati tanggal yang dimaksud berarti Anda tak lagi bisa menggunakannya.
  • Belilah test pack yang telah dilegalkan oleh FDA (Food and Drug Administration). Untuk hal ini Anda bisa mengecek secara online di situs resmi FDA.
  • Alat ini sangat terpengaruh oleh tempat penyimpanan sehingga lebih baik untuk membelinya dekat dengan waktu pemeriksaan.
  • Sebaiknya jangan minum air berlebihan waktu akan menggunakan test pack, karena urine yang terlalu cair bisa mempengaruhi hasil test pack.
  • Lakukan pada waktu yang tepat, yaitu 2 minggu setelah berhubungan pada masa subur bagi yang haidnya teratur, dan 3-7 hari telat setelah jadwal perkiraan haid bagi yang siklus tidak teratur.
  • Lakukan test pada pagi hari setelah bangun tidur, karena kadar hCG terbanyak terdapat pada urin tersebut.
  • Baca instruksi cara penggunaan dan pembacaan hasil karena berbeda merk bisa saja berbeda cara penggunaan. Kebanyakan apabila terdapat dua garis setelah mencelupkan ujung strip dalam urin berarti hasilnya positif.
  • Jika masih negative, maka anda bisa meengulanginya lagi 1 minggu atau 2 minggu kemudian, dan jika masih tetap negative, sementara haid juga tak hadir, maka segera periksakan ke dokter kandungan.
  • Jika hasil positif, segera hubungi bidan setempat untuk keperluan pemeriksaan selanjutnya.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!