Cara Paling Efektif Mengobati Endometriosis

Posted on

Endometriosis adalah penyakit yang dipicu pertumbuhan jaringan endometrium di luar rongga rahim. Dalam siklus menstruasi, ketebalan endometrium akan bertambah sebagai persiapan terjadinya kehamilan. Bila kehamilan tidak terjadi, maka lapisan ini akan terlepas dan dikeluarkan sebagai menstruasi. Namun pada kasus ini, biasanya tumbuh di bagian lain, dan yang sering terjadi adalah pada ovarium atau kandung telur wanita.

Endometriosis merupakan suatu keadaan jaringan yang tidak normal, jaringan yang seharusnya berada di dinding rahim (endometrium),  justru  tumbuh di lokasi lain dan menyebabkan rasa sakit, perdarahan yang tidak teratur dan bisa juga menyebabkan kemandulan. Pertumbuhan jaringan tersebut  biasanya terdapat pada daerah diluar rahim, yaitu tulang, ovarium, usus, empedu, dan bisa juga tumbuh di bagian tubuh lainnya.

Pengobatan endometrium dapat dilakukan melalui terapi. Terapi endometriosis tergantung pada keparahan penyakit dan kebutuhan yang diperukan oleh penderita endometriosis. Terapi dengan obat maupun melalui jalan operasi dapat dilakukan. Dalam melakukan terapi maka akan dipertimbangkan dengan perkiraan penghentian masalah kesuburan, mengurangi nyeri hebat dan mempertahankan kesuburan, atau manajemen penanganan nyeri yang bisa dilakukan sendiri, tetapi hal tersebut tidak akan menghilangkan endometriosis.

Dalam penanganan endometriosis, ada dua hal yang perlu dilakukan, yaitu terapi obat, dan tindakan operasi.

  • Terapi obat, terapi menggunakan obat dengan cara kerja menekan pengeluaran hormone estrogen menggunakan gnrH, pil kontrasepsi, progestin, danazol, antiprogesteron dan obat pereda nyeri.
  • Terapi operasi atau tindakan operasi dipertimbangkan pada wanita yang tidak subur (infertile) atau pada penderita yang tidak ada peningkatan setelah pemberian terapi obat-obatan. Tindakan operasi dilakukan tergantung pada daerah yang ditumbuhi endometriosis. Seringkali dilakukan pengangkatan indung telur, atau jika memang sangat parah, maka akan dilakukan histerektomi, yaitu pengangkatan rahim secara keseluruhan. Namun jika masih bisa dipertahankan maka, hanya diangkat pada bagian yang perlu dilakukan operasi saja.

Kesuksesan terapi operasi tergantung pada tingkat keparahan penyakit. 60 % kehamilan bisa didapatkan pada pasien dengan endometriosis sedang, dan 35 % pada pasien dengan endometriosis yang parah. Namun bagi pasangan yang tidak subur setelah dilakukan terapi, akan direkomendasikan untuk mengikuti program bayi tabung, jika ingin memiliki keturunan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!