Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Posted on

Memiliki buah hati adalah impian setiap pasangan suami istri. Namun, ada kalanya sebuah pasangan suami istri sulit untuk merealisasikan impiannya tersebut. Kehamilan dapat terjadi ketika sel telur berhasih dibuahi oleh sel sperma di dalam rahim wanita. Pembuahan ini akan semakin maksimal tingkat keberhasilannya jika hubungan suami istri dilakukan pada  masa ovulasi atau masa subur wanita. Masa subur sendiri adalah masa disaat wanita menghasilkan sel telur matang yang siap dibuahi, sehingga kemungkinan terjadinya kehamilan sangatlah besar.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Namun, konsep masa subur tersebut kerap membingungkan masyarakat awam karena kurangnya informasi yang di dapat. Sehingga mereka tidak dapat menentukan dengan tepat apakah mereka telah memasuki masa subur ataupun tidak. Terdapat beberapa cara sederhana untuk mengetahui apakah seorang wanita sedang dalam keadaan subur ataupun tidak. Berikut adalah cara menghitung masa subur yang dapat anda lakukan di rumah:

Gunakan alat penguji masa kesuburan

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan alat penguji masa kesuburan. Ya, bukan hanya kehamilan yang dapat dideteksi oleh sebuah alat sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, kini masa subur pun dapat anda deteksi dengan alat yang sederhana. Terdapat dua alat dengan media pengujian yang berbeda yang bisa anda coba. Yang pertama adalah alat pengujian masa kesuburan melalui media air seni. Sekilas, alat ini menyerupai alat penguji kehamilan. Cara penggunaannya pun hampir serupa, yakni dengan meneteskan air seni anda pada alat tersebut. Perubahan akan terjadi setelah anda menunggunya beberapa saat dan perubahan tersebut adalah tanda apakah anda sudah memasuki masa subur ataupun tidak. Alat ini cukup dapat diandalkan karena konon keefektivitasannya mencapai 90 hingga 95 persen. Cukup tinggi, bukan? Namun, kelemahan alat ini adalah jangka pemakaiannya yang hanya bisa dipakai untuk sekali pengujian, sehingga harganya relatif mahal untuk pengujian masa subur yang dilakukan berkali-kali.

Alat yang kedua adalah alat penguji kehamilan dengan media air liur anda. Air liur yang akan anda gunakan sebagai media uji sebaiknya adalah air liur ketika anda baru saja terbangun dari tidur anda di pagi hari. Kualitas air liur pertama anda sangat bagus, karena air liur pertama anda belum tekontaminasi baik oleh makanan ataupun minuman.  Alat ini sekilas menyerupai lipstik, namun sebenarnya alat ini adalah sebuah mikroskop kecil. Anda hanya perlu menempatkan air lur anda diatas gelas teropong dan mendiamkannya selama lima menit. Untuk mendapatkan hasilnya, anda hanya perlu menyalakan lampunya dan men-setting pengatur lensa hingga posisi yang tepat yang dapat dilakukan dengan memutarnya ke kiri atau ke kanan. Terdapat setidaknya tiga tanda yang dapat membedakan apakah anda dalam keadaan subur atau tidak. Pertama, jika anda tidak mendapatkan visualisasi apapun, atau hanya berbentuk bintik-bintik abstrak, maka anda belum memasuki masa subur anda. Namun,  jika hasil yang didapatkan menyerupai struktur batu-batuan dengan struktur tulang daun, berarti setidaknya dalam tiga hari anda akan memasuki masa subur anda. Dalam kurun waktu tersebut sel sperma diperkirakan dapat hidup selama 72 jam, sehingga pembuahan dapat terjadi dengan kemungkinan yang cukup besar. Dan tanda yang ketiga adalah visualisasi bersilangnya struktur tulang daun. Jika anda mendapatkan hasil ini, anda patut berbahagia karena hasil ini menunjukan bahwa anda berada dalam puncak masa kesuburan. Sehingga kemungkinan kehamilan sangatlah besar jika anda melakukan hubungan suami istri pada masa tersebut. Keunggulan alat ini adalah disamping harganya yang tidak membuat saku anda jebol, alat ini dapat digunakan selama tiga tahun dengan tingkat keefektivisannya yang diklaim hingga 98 persen.

Mari menghitung

Cara ini dapat dikatakan cukup sederhana, yaitu dengan menghitung siklus haid bulanan anda. Salah satu pendapat ahli untuk wanita yang memiliki siklus haid normal, yaitu 28 hari, adalah dengan menambahkan dan megurangi tiga hari pada pertengahan siklus. Secara sederhana, pertengahan siklus adalah hari ke-14 (28 hari dibagi dua), lalu masing-masing ditambah dan dikurangi tiga hari, jadi masa subur wanita dengan siklus haid normal terjadi pada hari ke-11 dan hari ke-17.

Cara lain adalah dengan menghitung menggunakan sistem kalender. Masa subur dapat diperkirakan dengan menambahkan 13 hari sejak hari terakhir haid. Sedangkan masa prasubur dapat diperkirakan dengan menambahkan dan mengurangi 3 hari dari masa subur. Jadi, jika hari terakhir haid anda terjadi pada tanggal 3, maka masa subur anda diperkirakan akan terjadi pada tanggal 16 (3+13). Sedangkan untuk masa prasubur anda diperkirakan terjadi pada tanggal 13 (16-3) dan 19 (16+3).

Kedua cara tersebut diperuntukan untuk mereka yang memiliki siklus haid yang teratur. Lalu bagaimana dengan wanita yang tidak memiliki siklus haid yang teratur? Sebenarnya, diperlukan pencatatan siklus minimal selama 6 bulan atau 6 siklus haid baik bagi wanita yang siklus haidnya teratur ataupun wanita yang siklus haidnya tidak teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam metode penghitungan ini. Namun, bagi wanita yang siklus haidnya tidak teratur maka pencatatan siklus jumlah hari dalam satu siklus haid sangat diperlukan. Satu siklus haid dapat dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama siklus haid yang selanjutnya. Jika anda telah mendapatkan jumlah hari dalam setiap siklus haid selama 6 bulan maka untuk memprediksikan masa kesuburan, anda harus mengurangi satu siklus yang memiliki jumlah hari terpanjang dengan angka 18 untuk memprediksikan hari pertama masa subur , dan siklus dengan hari terpendek dikurangi angka 11 untuk memprediksi hari terakhir masa subur anda.

Metode sederhana ini memiliki tingkat keefektivitasan yang cukup rendah yakni berkisar 60 hingga 70 persen, mengingat metode ini akan bekerja lebih optimal pada wanita yang memiliki siklus haid yang teratur. Di samping itu, terdapat banyak faktor yang dapat mengganggu proses pengeluaran sel telur dan tidak menutup kemungkinan akan bergeser waktunya. Faktor-faktor tersebut adalah faktor asupan makanan, gaya hidup dan kondisi emosi. Maka, jika anda tetap bersikeras melakukan metode ini, disarankan bagi anda untuk tetap berkonsultasi dengan ahlinya sehingga kemungkinan terjadinya kehamilan akan maksimal.

Suhu tubuh

Masa subur adalah masa ketika terjadinya peningkatan jumlah hormon estrogen yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Jadi, apabila suhu tubuh anda naik namun anda tidak sedang sakit, maka masa subur anda mungkin sedang terjadi.

Metode dengan tingkat keefektivitasan hingga 80 persen ini dapat anda lakukan dengan pengukuran suhu tubuh secara teratur sejak hari pertama siklus haid anda benar-benar telah selesai hingga siklus haid berikutnya. Caranya adalah mengukur suhu tubuh di tempat-tempat yang statis seperti di bawah lidah atau dubur anda karena suhu di daerah ini bersifat stabil, tidak seperti suhu di bawah ketiak yang mudah berubah. Anda dapat mengukur suhu tubuh anda di pagi hari ketika anda baru saja terbangun dan anda harus tetap berada di kasur dan belum melakukan hal apapun ketika anda mengukur suhu tubuh anda. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan suhu tubuh yang akurat, karena jika anda melakukan hal lain, bahkan beranjak bangun untuk bercermin, maka suhu tubuh anda dapat dengan mudah berubah. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah anda tidak boleh tidur dibawah lampu yang panas, atau menggunakan AC dengan pengaturan suhu yang tinggi, dan yang paling penting adalah anda tidak dalam kondisi demam.

Dengan mengukur suhu anda secara berkala maka akan didapatkan sebuah grafik yang jika hasilnya datar maka anda tidak dalam kondisi subur. Namun jika hasil grafik yang asalnya datar namun tiba-tiba beranak naik maka anda sedang dalam masa subur anda. Dan sebaliknya, jika grafik menurun, artinya anda telah meninggalkan masa subur anda. Namun jika grafik tetap beranak naik selama tiga minggu, anda patut berbahagia karena hal tersebut merupakan pertanda bahwa anda sedang hamil, dan bukan terjangkit flu.

Itulah cara-cara sederhana untuk memprediksi datangnya masa subur anda. Dengan melakukannya yang tepat maka kemungkinan terjadinya kehamilan pun akan semakin besar.

Baca juga Masa Subur Wanita Setelah Haid dan Cara Cepat Hamil di blog ini

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!