Cara Mencegah dan Mengatasi kaki yang Bengkak Saat Hamil

Posted on

Kenapa kaki wanita hamil bisa menjadi bengkak? Saat hamil, tubuh seorang wanita cenderung menahan cairan, tubuh akan menyimpan kurang lebih 30% cairan dibandingkan dengan saat normal. Selain karena danya cairan yang semakin meningkat tersebut, bengkak pada kaki terjadi akibat kondisi rahim yang semakin lama akan semakin besar. Nah saat itulah pembuluh darah balik pada bagian kaki akan tergencet sehingga arus balik darah ke jantung juga terganggu. Bengkak ini biasanya terjadi pada trimester ketiga kehamilan yaitu sekitar 7 bulan keatas.

Kemudian adakah cara yang aman untuk mengatasi kaki bengkak tersebut? Kaki bengkak yang terjadi pada wanita hamil memang tergolong wajar. Walaupun demikian, ada beberapa cara untuk membuat kaki yang bengkak tersebut tidak semakin membengkak. Berikut beberapa yang mungkin bisa anda coba untuk mengatasi kaki yang bengkak akibat kehamilan.

  • Saat duduk.

Biasakanlah agar posisi kaki anda berada lebih tinggi dari posisi jantung, karena hal ini akan membuat sirkulasi darah anda terbantu.

Cara Mencegah dan Mengatasi kaki yang Bengkak Saat Hamil

  • Saat tidur

Seperti halnya saat duduk, saat tidur pun lebih disarankan untuk memposisikan kaki berada di tempat yang lebih tinggi dan hal seperti ini bisa anda lakukan dengan memberikan bantal dibawah kaki anda saat terbaring.

  • Tidak terlalu lama berdiri

Ketika seorang ibu hamil sudah terlalu lama berdiri, kakinya akan terasa pegal dan terasa lelah, hal semacam ini sebenarnya sudah memberikan pertanda bahwa tubuh anda sedang lelah dan ingin untuk beristirahat. Jadi segeralah untuk duduk atau berbaring untuk melepas lelah anda dan jangan terlalu dipaksakan.

  • Miring ke kiri saat tidur

Bagi anda yang beragama islam, sepertinya annjuran tidur semacam ini sudah bukan hal yang baru, sesuai anjuran rasulullah dalam berbaring untuk miring ke kiri, ternyata hal ini bukan hanya anjuran belaka, menurut penelitian medis miring ke kiri saat berbaring/tidur akan membuat pembuluh darah balik ada di kanan tubuh anda dan dapat membuat tekanan terhadap tubuh menjadi berkurang.

  • Olahraga

Dengan berolahraga secara teratur dan rutin, akan bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat kehamilan. Fokuskan sebuah olahraga ringan yang sifatnya untuk kaki.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!