Cara Berkuat yang Benar agar Bayi Lahir

Posted on

Pada saat proses persalinan, ibu membutuhkan tenaga yang kuat untuk bisa melahirkan bayinya. Ibu harus mengumpulkan energy sebelum proses persalinan tiba sebagai tenaga yang akan dibutuhkan pada saat bayi ibu akan lahir. Proses kelahiran dimulai sejak pembukaan serviks telah lengkap, sehingga bayi telah siap untuk didorong agar keluar melalui vagina ibu.

Mendorong bayi ini bukan didorong sebagaimana kebiasaan mendorong, tetapi dorongan yang diberikan terhadap bayi adalah melalui tenaga ibu saat berkuat atau mengejan. Oleh sebab itulah ibu perlu tenaga dan energy yang kuat untuk bisa mendorong bayinya agar bisa lahir dengan selamat dan sehat.

Mengejan atau berkuat adalah tahapan saat pembukaan atau dilatasi mulut rahim mencapai puncaknya, yaitu kurang lebih 10 cm. Pada saat itu konsentrasi terasa semakin kuat dan ibu secara insting akan merasakan dorongan kuat untuk mengejan, mendorong bayi keluar. Dengan teknik mengejan yang benar, bayi bisa didorong keluar tanpa perlu habis-habisan menguras tenaga.

Namun demikian, masih sangat banyak ibu-ibu yang melahirkan, namun cara mengejan atau berkuatnya tidak sesuai, sehingga meskipun telah menghabiskan tenaga yang cukup banyak, namun tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Kepala bayi hanya muncul sesekali saja kemudian akan tenggelam dan masuk lagi ke dalam vagina, demikian seterusnya jika ibu tidak bisa berkuat dengan benar.

Nah, bagaimanakah cara berkuat yang benar? Berikut adalah tips yang bisa ibu lakukan:

  • Ibu mulai berkuat saat persalinan memasuki kala ke-2 yaitu setelah pembukaan serviks sudah lengkap. Bidan akan menentukan waktunya, namun secara fisik ibu akan merasakannya saat pembukaan sudah lengkap, kontraksi akan semakin kuat dan terasa semakin sakit, juga ada sinyal dari tubuh untuk segera  mengejan.
  • Tarik nafas panjang sebelum berkuat, dan keluarkan sedikit demi sedikit disela-sela selama ibu berkuat.
  • Ketika ada dorongan untuk berkuat dan bidan akan membimbing, maka mulailah berkuat yang baik.
  • Angkatlah kepala,  ketika ibu mulai berkuat, dan konsentrasikan pada daerah perut seperti saat berkuat ketika buang air besar. Lakukan dengan kuat.
  • Lemaskan dan regangkan kedua paha dengan cara tangan ibu diletakkan pada paha kanan kanan dan kiri di posisi bawah, sehingga saat berkuat ibu akan menarik paha dan mengangkat kepala menghadap ke perut.
  • Sebaiknya mulut ditutup, dan jangan berteriak, karena hanya akan menghabiskan tenaga, karena jika berteriak, maka dorongan yang ibu berikan tidak akan sampai pada perut, tetapi hanya sampai pada leher dan terhenti ketika ibu berteriak.
  • Istirahatlah di sela-sela saat kontraksi berhenti sejenak, sebaiknya minum yang dingin dan manis untuk menyegarkan tubuh dan memberikan energy.
  • Berkuatlah dengan instruksi bidan hingga bayi anda akan lahir.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!