Bolehkah Berhubungan Seks Saat Hamil? Bagaimana Tipsnya?

Posted on

Seperti halnya pada saat sebelum hamil, seks merupakan salah satu kebutuhan biologis wanita saat hamil. Bahkan, seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada ibu hamil, terkadang hasrat seksual akan semakin memuncak pula, namun terkadang pula sebaliknya.  Tentu hal ini wajar, karena seks merupakan kebutuhan dalam mendukung tercapainya keharmonisan rumah tangga.

Hubungan seksual tetap boleh dilakukan oleh ibu yang dalam kondisi hamil, dengan syarat kehamilan yang normal. Kehamilan normal, dengan tidak ada komplikasi atau resiko kehamilan adalah  syarat utama untuk bisa melakukan aktivitas seksual pada saat hamil.

Hubungan seksual ataupun orgasme tidak akan membahayakan janin, karena lender serviks (lender yang berasal dari mulut rahim ibu) dapat membantu melawan kuman/infeksi yang dikhawatirkan akan masuk ke dalam rahim. Selain itu, Tuhan sudah menciptakan perlindungan alamiah bagi janin, yaitu berupa kantung rahim yang di dalamnya terdapat cairan ketuban yang bisa melindungi janin dari bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan dari luar. Kantung rahim tersebut akan melindungi janin hingga selama kehamilan berlangsung.

Namun, jika kehamilan yang termasuk dalam kategori kehamilan yang beresiko atau dokter telah mengantisipasi adanya komplikasi-komplikasi semasa kehamilan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan hubungan seksual. Atau jika terdapat gejala-gejala yang terasa lain saat atau setelah berhubungan seksual, seperti rasa nyeri, sakit, kontraksi atau keluar darah, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Sehingga resiko kehamilan tidak terjadi dan kehamilan bisa dipertahankan hingga persalinan.

Berikut tips berhubungan seks saat hamil

  • Pastikan bahwa kondisi anda dan kehamilan anda tidak ada masalah apapun.
  • Lakukan Hubungan badan dalam posisi yang  rileks, tidak melelahkan terutama bagi wanita.
  • Pilih posisi yang aman dalam berhubungan seks saat hamil agar jangan terjadi penekanan terhadap perut ibu hamil. Bisa dilakukan dengan posisi wanita di atas, posisi duduk, posisi pria di atas tetapi tetap menjaga untuk tidak sampai menekan perut. Pada intinya, posisi seks yang baik saat hamil adalah yang disesuaikan dengan kenyamanan anda saat berhubungan dan menghindari agar tidak terjadi penekanan pada bagian perut ibu.
  • Gerakan-gerakan saat berhubungan, harus dilakukan secara lebih hati-hati.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!