Berbagai Macam Pertumbuhan Endometriosis

Posted on

Endometriosis adalah suatu kondisi dimana jaringan yang mirip dengan lapisan dinding rahim (yang mestinya hanya berada di dalam rahim) ditemukan atau tumbuh di tempat lain dalam tubuh.  Seharusnya tubuh bisa menyerap darah yang luruh ini namun beberapa hal seperti faktor genetic dan faktor lingkungan menyebabkan turunnya kemampuan system pertahanan tubuh sehingga darah tidak diserap secara maksimal.

Endometriosis selama kurang lebih 30 tahun terakhir ini menunjukkan angka kejadian yang meningkat. Angka kejadian antara 5-15% dapat ditemukan antara semua operasi pelvic. Endometriosis jarang didapatkan pada orang-orang Negro, dan lebih sering didapatkan pada wanita-wanita dari golongan social-ekonomi yang kuat. Yang menarik perhatian ialah bahwa endometriosis lebih sering ditemukan pada wanita yang tidak kawin pada umur muda dan yang tidak mempunyai banyak anak. Rupanya fungsi ovarium secara siklis yang terus menerus tanpa diselingi oleh kehamilan, memengang peranan dalam terjadinya endometriosis.

Endometriosis terjadi pada dua pertiga remaja yang mengalami nyeri yang bermakna saat menstruasi. Remaja merupakan 8% wanita yang menderita endometriosis. Dari remaja-remaja yang menderita endometriosis, 10% nya mengalami obstruksi congenital aliran keluar menstruasi. Gejala-gejala yang paling mengarah ke endometriosis pada kelompok umur ini adalah peningkatan dismenorea yang didapat, nyeri panggul kronis, perubahan usus saat menstruasi dan perdarahan vagina abnormal.

Endometrium sendiri merupakan lapisan yang melapisi rongga rahim dan dikeluarkan secara siklik saat mens sebagai darah haid. Akan tetapi untuk mengetahui secara jelas berikut ini berbagai macam pertumbuhan endometriosis adalah sebagai berikut:

  • Terbagi atas dua yaitu endometriosis interna. Endometriosis Interna, yaitu endometriosis yang posisinya pertumbuhannya terletak di dalam miometrium atau lapisan dinding rahim bagian tengah, yang lazim disebut Adenomiosis.
  • Endometriosis Eksterna, yaitu endometriosis yang posisi pertumbuhannya terletak di bagian luar uterus, yang lazim disebut true endometriosis.

Menurut letak pertumbuhannya, endometriosis dapat digolongkan menjadi 3 golongan, yaitu:

  • Endometriosis genetalia interna, yaitu endometriosis yang letak pertumbuhan jaringan endometrium masih terdapat pada bagian di dalam uterus atau rahim.
  • Endometriosis eksterna, yaitu endometriosis yang letaknya di dinding belakang uterus, di bagian luar tuba dan di ovarium.
  • Endometriosis genetalia eksterna, yaitu endometriosis yang letaknya di elvio peritonium dan di kavum douglas, rekto sigmoid, kandung kencing
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!