Benarkah Penderita PCOS Berpeluang Hamil Kembar?

Posted on

Policistic ovary sindrom atau sindroma ovarium polisitik adalah gangguan keseimbangan kadar hormon pada wanita usia reproduktif. Penderitanya memiliki kadar hormon pria (testoteron dan androstenedion) lebih tinggi.PCOS mengakibatkan siklus haid yang tidak teratur, rambut lebat di kaki, tangan, wajah ditumbuhi jerawat, obesitas, kista tumbuh di kedua atau salah satu indung telur, dan gangguan pada produksi insulin.  Semua itu menyebabkan ibu yang menderita PCOS, terganggu kesuburannya. Namun melalui perawatan dan terapi tepat, peluang untuk hamil tetap ada, terutama pada wanita  berusia  di bawah 35 tahun.

Sejumlah besar wanita yang mengalami masalah dengan kesuburan juga menderita kondisi medis yang dikenal sebagai sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS mempengaruhi sebanyak 1 dari 5 wanita usia reproduksi, dan kebanyakan dari wanita ini akan mengalami kesulitan hamil.

Di Amerika Serikat, terapi untuk memperbaiki siklus haid adalah dengan  mengonsumsi obat clomiphene citrate (clomid),  yang telah disetujui oleh pihak Food and Drug Administration (FDA). Selain itu, menurut riset yang dilakukan oleh tim dari The Reproductive Medicine Network, harus ditunjang juga dengan program diet  untuk menurunkan berat badan dan  menjaga kadar gula darah. Penanganan tepat secara medik yang ditunjang dengan terapi nutrisi, di bawah pengawasan ahli nutrisi, terbukti dapat membantu ibu  penderita PCOS bisa hamil dan melahirkan.

Ada yang mengatakan bahwa polikistic ovary sindrom (PCOS) memberikan peluang untuk bisa melahirkan bayi kembar. Hal ini memang ada benarnya dan memang sudah terjadi beberapa kasus pada wanita yang mengalami PCOS, namun pada akhirnya melahirkan bayi kembar. Hal ini bisa terjadi karena pada kondisi PCOS terdapat lebih banyak sel telur di dalam indung telur atau ovarium.

Sel telur ini pada awalnya tidak matang sehingga berkumpul, dan tidak berkembang. Namun dengan beberapa terapi atau pengobatan tertentu bisa merangsang perkembangan sel telur menjadi matang. Oleh karena terdapat lebih dari satu sel telur yang tidak matang di dalam ovarium, maka kemungkinan dampak terhadap terapi atau ketika sel telur menjadi matang sehingga jumlahnya lebih dari satu, dan hal ini ketika sel telur berovulasi lebih dari satu sel telur dan kemudan dibuahi oleh sel sperma dan berhasil. Maka wanita ini akan hamil lebih dari satu janin.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!