Benarkah Music Klasik Dapat Meningkatkan Kecerdasan Janin dalam Kandungan?

Posted on

Yang dimaksud music klasik adalah music yang memiliki irama dan nada yang teratur, bukan nada-nada miring. Memperdengarkan music klasik pada janin yang masih dalam kandungan akan memberikan manfaat yang sangat besar. Utamanya adalah janin akan merasa lebih tenang dan mampu mengahayati suara-suara lembut yang didengarnya dari dalam rahim. Selama ini hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara music klasik dengan janin. Penetilian pun telah membuktikan bahwa music klasik sangat mempengaruhi perkembangan IQ dan EQ bayi.

Seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan music klasik akan lebih berkembang kecerdasannya dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkannya. Tingkat kedisiplinan anak yang sering mendengarkan music klasik juga lebih tinggi dibandingkan dengan yang jarang mendengarkan.

Telah dilakukan suatu percobaan mengenai hal ini. Adalah seorang ahli biofisika melakukan percobaan tentang pengaruh music bagi kehidupan makhluk hidup. Yaitu dengan cara, dua macam tanaman yang dari jenis dan umur yang sama diletakkan pada tempat yang berbeda. Yang satu diletakkan dekat dengan pengeras suara (speaker) yang menyanyikan lagu-lagu slow rock, sedangkan tanaman yang satunya diletakkan dekat dengan speaker yang menyanyikan lagu-lagu yang indah dan berirama teratur. Dalam beberapa hari terjadi perbedaan yang sangat mencolok. Tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu rock menjadi layu dan mati, sedangkan tanaman yang diletakkan di dekat speaker lagu-lagu indah nampak tumbuh segar.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Dr. Beatriz Manrique dari Venezuela tentang pendidikan anak sejak janin, selama 16 tahun terhadap ribuan ibu hamil. Kelompok yang pertama adalah janin yang diberi stimulasi dengan suara ibu, diajak berkomunikasi oleh ayah, dan keluarganya yang lain, dan dielus-elus. Sedangkan kelompok kedua tidak diberi stimulus apapun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok yang dberi stimulasi memiliki kemampuan menangkap dan mengikuti rangsangan pendengaran dan penglihatan yang lebih tinggi  dari pada kelompok yang tidak diberi stimulasi, pada usia 2 hari dari persalinan mereka.

Dari penelitian ini, kita bisa mengetahui betapa pentingnya komunikasi dengan janin kita, meskipun belum bisa saling menatap, tetapi janin pun bisa mendengarkan suara-suara dari luar rahim tempat janin tinggal. Karena efek yang ditimbulkan memberikan pengaruh yang besar bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Demikian pula bagi muslim, jika sering memperdengarkan bacaan Al-Qur’an kepada janinnya, maka telah banyak terbukti anak tersebut akan lebih mudah menghafal dan menghayati Al-Qur’an.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!