Bagaimana Pembuahan Hamil Kembar

Posted on

Kehamilan kembar adalah kehamilan yang terjadi dengan jumlah lebih dari satu janin. Banyak wanita atau pasangan yang sangat mendambakan untuk memiliki anak kembar. Alasannya karena anak kembar terlihat lebih menyenangkan dan menggemaskan, juga agar satu kali melahirkan sudah memiliki lebih dari satu orang anak. Kehamilan kembar bisa terjadi kepada wanita mana saja, namun belum jelas tentang apa saja yang bisa berhasil dalam usaha mendapatkan bayi kembar. Beberapa hal yang diduga, menjadi factor yang mempengaruhi kehamilan kembar, yaitu umur,  keturunan, dan hereditas atau jumlah persalinan. proses pembuahan hamil kembar, berbeda dengan pembuahan pada kehamilan tunggal.

Ada jenis-jenis kehamilan, yaitu kehamilan kembar monozigotik (kembar identik) dan kehamilan kembar dizigotik (kembar tidak identik).

  • Kembar monozigotik (kembar identik)

Kehamilan kembar monozigotik merupakan kehamilan kembar yang berasal dari satu sel telur yang kemudian membelah. Diawali dengan pelepasan sel telur yang siap untuk dibuahi oleh sel sperma. Satu sel telur yang telah matang menuju tuba fallopi. Kemudian saat berhubungan intim, maka satu sel sperma yang akan berhasil membuahi sel telur tersebut. Setelah sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma, maka keduanya menyatu dan membelah menjadi 2, kemudian menjadi 4, menjadi 8, dan hingga menjadi 16 sel yang bersatu.

Hasil akhir dari proses pengembangan monozigotik tergantung pada kapan pembelahan terjadi:

  1. Apabila pembelahan terjadi dalam 72 jam pertama setelah pembuahan, maka aka terbentuk dua embrio, dan dua kantung kehamilan akan terjadi. Kemungkinan terdapat dua plasenta yang berbeda atau suatu plasenta tunggal yang menyatu.
  2. Apabila pembelahan terjadi antara hari ke-4 dan ke-8 maka dua embrio akan terjadi, masing-masing dalam kantong yang terpisah.
  3. Apabila terjadi sekitar 8 hari setelah pembuahan dimana amnion telah terbentuk, maka pembelahan akan menimbulkan dua embrio dengan kantong kehamilan bersama.
  4. Apabila pembuahan terjadi lebih belakang lagi, setelah 14 hari sejak pembuahan, maka pembelahannya tidak lengkap dan terbentuk kembar yang menyatu.
  • Kembar dizigotik (tidak identik)

Kehamilan kembar dizigotik merupakan kehamilan kembar yang berasal dari dua sel telur yang tanpa melakukan pembelahan. Diawali dengan pelepasan sel telur yang siap untuk dibuahi oleh sel sperma. Dua sel telur yang telah matang menuju tuba fallopi, kemungkinan dua sel telur berasal dari indung telur bagian kanan dan kiri. Kemudian saat berhubungan intim, maka dua sel telur yang akan berhasil dibuahi oleh dua sel sperma. Setelah sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma, maka kedua hasil pembuahan sebut menyatu dari dan masing-masing membelah menjadi 2, kemudian menjadi 4, menjadi 8, dan hingga menjadi 16 sel yang bersatu.

Masing-masing akan menuju tempat implantasi yang terpisah, dan akan terus tumbuh, walaupun mereka dalam satu rahim yang sama, tetapi mereka berasal dari sel telur dan sel ovum yang berbeda. Dan mereka akan bersama hingga masa persalinan tiba. Dan pada kasus kembar dizigotik ini, terjadi banyak perbedaan diantara keduanya, bahkan tidak mirip sama sekali, hal ini sangatlah wajar, dikarenakan mereka bukan dari bibit yang sama. Namun demikian mereka tetaplah memiliki kedekatan yang baik, karena meskipun berbeda, mereka pernah berada dalam rahim yang sama saat masa kehamilan.

Pertumbuhan janin pada kehamilan kembar:

  • Berat badan satu janin kehamilan kembar rata-rata 1000 gram lebih ringan dari janin tunggal.
  • Berat badan baru lahir biasanya pada kembar dua di bawah 2500 gram,
  •  Berat badan masing-masing janin dari kehamilan kembar tidak sama, umumnya berselisih antara 50 sampai 1000 gram, dan karena pembagian sirkulasi darah tidak sama, maka salah satu janin pertumbuhannya lebih terhambat dari janin yang lainnya.
  • Pada kehamilan kembar dizigotik dapat terjadi kematian pada salah satu janin dan janin yang lain tumbuh sampai cukup bulan.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!