Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur?

Posted on

Masa subur adalah masa yang memang terjadi saat seorang wanita telah mengalami menstruasi dimana sel telur dapat dibuahi dengan sperma, dengan mengetahui kapan masa subur kita,maka dengan lebih besar peluang untuk bisa cepat hamil.Ketika masa subur itulah saat yang tepat melakukan hubungan seksual sehingga akan lebih mudah untuk bisa hamil, sehingga dalam membuahi dapat dengan mudah dilakukan namun untuk mengethui itu semua haruus dengan menghitung masa subur seorang wanita.

Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur?

Banyak cara yang dilakukan untuk menghitung masa subur seorang wanita, salah satunya dengan melihat sifat mukus yaitu lendir dari leher rahim tergolong cara yang susah sehingga dibutuhkan latihan dan kejelian. Raba lendir tersebut dengan ibu jari, lalu rekatkan lendir hingga membentuk garis dengan panjang 2-3 cm. Jika lendir tersebut putus, berarti Anda dalam masa tidak subur. Namun, jika lendir tersebut tidak putus maka pembaca dalam masa subur. Pada saat ovulasi, biasanya hormone estrogen mencapai puncaknya sehingga lendir rahim menjadi agak encer.

Dalam menghitung masa subur dapat pula dengan menghitung suhu tubuh seorang wanita dengan mengukur temperatur basal tubuh, tingkat kesuburan wanita dapat diketahui. Caranya, letakkan termometer di bawah lidah pada pagi hari sebelum beranjak dari tempat tidur. Suhu tubuh normal sekitar 36°C. Ketika ada telur matang yang dikeluarkan atau ovulasi, suhu basal tubuh bisa meningkat 1 hingga 1,5 dari suhu normal. Untuk mengetahui perkembangan masa subur, catatlah suhu basal tubuh Anda setiap hari. Dalam menentukan masa subur dengan cara ini, pastikan bahwa peremuan yang sedang mengalami masa subur tidak dalam keadaan demam. Hindari tidur dengan lampu yang panas atau berAC. Suhu tubuh harus alami berasal dari dalam tubuh sehingga hasilnyapun bisa akurat.

Dalam menentukan masa subur pula dapat dengan siklus haid yaitu siklus haid berlangsung 28-30 hari atau 22-35 hari. Sel telur berovulasi atau keluar dari indung telur pada pertengahan masa haid, atau sekitar hari ke-14 sampai ke-16 dihitung dari hari pertama haid. Jadi, 3 hari sebelum hari ke-14 dan 3 hari setelah hari ke-16 adalah perkiraan masa subur Anda. Inilah saat yang memungkinkan bagi sel telur untuk dibuahi.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!