Apakah Perlu Dilakukan Jahitan pada Jalan Lahir yang Luka?

Posted on

Persalinan merupakan salah satu masa perjuangan bagi wanita yang akan melahirkan bayinya. Banyak komplikasi yang dapat terjadi pada saat melahirkan maupun setelah melahirkan, namun itu semua harus dilalui oleh wanita pada masanya. Pada saat melahirkan, maka otot-otot vagina akan melentur, namun kelenturan masing-masing jalan lahir wanita berbeda-beda.

Dan inilah yang terkadang ada wanita yang robek pada jalan lahir atau vagina ketika melahirkan, dan ada juga yang tidak. namun kebanyakan pada persalinan normal, wanita yang melahirkan pertama kali akan mengalami luka atau robekan pada jalan lahirnya. Hal ini disebabkan karena otot-otot dan elastisitas kulit masih lebih kuat, sehingga perlu membuka jalan lahir agar lebih luas untuk melahirkan bayi, biasanya dilakukan episiotomy yang merupakan satu cara untuk memperluas jalan lahir dengan cara menggunting daerah perineum, daerah antara vagina dan anus.

Episiotomi adalah prosedur bedah minor di mana kulit dan otot-otot yang mendasari daerah perineum-antara vagina dan rektum-dipotong pada saat kala 2 (kepala crowning) untuk membantu dalam proses melahirkan dengan memperbesar pembukaan jalan lahir dan memungkinkan bayi untuk melalui vagina dengan lebih mudah.

Sebuah persalinan per vaginam atau persalinan normal melibatkan kontraksi yang intens dan memerlukan dorongan mengejan dari sang ibu. Waktu dan kesabaran diperlukan dalam persalinan untuk melahirkan seorang bayi. Mengejan dengan tidak berpola seringkali menyebabkan adanya robekan pada perineum. Episiotomi dapat dilakukan untuk mencegah robekan yang tak beraturan yang mungkin terjadi.

Nah, dengan terjadinya luka pada jalan lahir tersebut, baik yang robek dengan sendirinya maupun karena tindakan episiotomy yang merupakan robekan yang disengaja, sangat penting untuk dilakukan penjahitan. Alasan utama perlu dilakukannya penjahitan tersebut adalah karena  luka bekas jahitan jalan lahir ini dapat menjadi pintu masuk kuman dan menimbulkan infeksi, ibu menjadi panas, luka basah dan jahitan terbuka, bahkan ada yang mengeluarkan bau busuk dari jalan lahir.

Selain itu, maka tidaklah mungkin ada wanita yang mau vaginanya akan berbentuk yang berbeda, dengan lubang vagina yang lebih luas dan berbentuk tak beraturan sebagaimana mestinya. Oleh sebab itulah maka dilakukan penataan ulang pada vagina yang luka, dengan cara menjahit sesuai dengan bentuk sebelumnya.

Untuk perawatan ini dilakukan sesegera mungkin setelah 6 jam dari persalinan normal. Ibu akan dilatih dan dianjurkan untuk  mulai bergerak duduk dan latihan berjalan.Tentu saja bila keadaan ibu cukup stabil dan tidak mengalami komplikasi misalnya tekanan darah tinggi atau pendarahan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!