Apakah ASI Saja Bisa Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Bayi?

Posted on

Sejak bayi dalam kandungan, pertumbuhan dan perkembangan otaknya sangat cepat. Ketika bayi lahir, perkembangan otaknya sudah hampir sempurna sehingga membutuhkan makanan yang bergizi dan rangsangan yang cukup. Rangsangan yang optimal diperoleh pada saat proses pemberian ASI. Rangsangan yang terus menerus mendukung pertumbuhan bayi menjadi pintar baik pikiran dan jiwanya.

Menyusui tidak hanya bermanfaat untuk bayi saja, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sang ibu menyusui itu sendiri. Menyusui dapat membantu ibu yang baru saja melahirkan untuk menurunkan berat badan setelah kehamilan, mencegah depresi setelah persalinan, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta kanker.

ASI merupakan nutrisi alami yang unik karena tidak dapat digantikan oleh produk makanan apapun, termasuk susu formula. Manfaat ASI eksklusif melebihi nutrisi dasar yang dibutuhkan bayi, karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan bayi, khususnya dalam enam bulan pertama kehidupannya. Ini yang disebut dengan pemberian asi eksklusif yaitu hanya memberikan air susu ibu tanpa ada tambahan makanan apapaun selain ASI.

Kebutuhan Nutrisi Bayi

Semua tahu bahwa ASI punya sejuta manfaat bagi tumbuh kembang dan kesehatan bayi.  Karena ASI adalah nutrisi terbaik dan paling lengkap.  Kandungan nutrisinya yang unik menyebabkan ASI memiliki keunggulan yang tidak akan dimiliki oleh jenis susu formula apapun.

Beberapa diantara kandungan ASI yang bermanfaat bagi tubuh bayi adalah:

  • Immunoglobulin A (IgA) yang banyak terdapat pada kolostrum yakni ASI berwana kekuningan yang keluar pertama dari payudara. Zat ini melindungi bayi dari serangan infeksi. IgA melapisi saluran cerna agar kuman tidak dapat masuk ke dalam aliran darah dan akan melindungi bayi  hingga sistem kekebalan tubuhnya berfungsi dengan baik.
  • Protein yang disebut protein kasein dan whey. Protein yang terdapat dalam ASI ini bersifat lebih mudah dicerna oleh tubuh bayi, dibandingkan dengan protein yang berasal dari susu mamalia lainnya.
  • Lemak ASI terdiri dari beberapa jenis namun yang paling esensial adalah asam lemak yang merupakan komponen dari semua jaringan tubuh dan diperlukan untuk perkembangan jaringan sel, otak, retina dan susunan saraf. ASI mengandung asam lemak tidak jenuh ganda berantai panjang.

Selain tersebut di atas, masih sangat banyak kandungan gizi ASI yang sangat baik dalam pertumbuhan bayi. Dan ASI memang telah memiliki kandungan gizi yang komplit atau lengkap bagi kebutuhan nutrisi bayi selama 6 bulan pertama. Oleh karena itulah, pemberian makanan pendamping ASI dianjurkan agar  baru diberikan ketika bayi berusia 6 bulan. Sehingga ASI ekslusif sudah sangat mencukupi dan memenuhi kebutuhan nutrisi bayi hingga bayi berusia 6 bulan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!