Apa yang Dimaksud dengan Darah Implantasi?

Posted on

Wanita, sudah sangat akrab dengan peristiwa pendarahan sejak memasuki usia remaja, yaitu pendarahan menstruasi atau haid. Selain pendarahan haid, wanita juga sering mengalami flek, flek biasa juga keluar sebelum haid atau ketika haid akan selesai. Pendarahan pada wanita juga terjadi ketika sebelum waktu haid, bisa juga terjadi pada masa kehamilan. Pendarahan pada wanita hamil pun terdapat beberapa macam dan penyebab, belum lagi pada masa nifas, dan lain sebagainya.  Wanita memang rawan mengalami pendarahan, khususnya adalah pendarahan yang berasal dari organ reproduksi wanita.

Nah, yang manakah yang disebut darah implantasi?

Setelah konsepsi terjadi, maka sel telur yang sudah dibuahi akan bergerak ke arah rahim serta menanamkan diri di lapisan dalam rahim (endometrium). Pada sebagian wanita penanaman ini menimbulkan bercak darah (spotting). Darah ini kadang-kadang membuat bingung dengan menstruasi. Pada umumnya darah implantasi ini berupa bercak merah terang atau kecoklatan. Tidak seperti menstruasi bercak ini cendrung hanya muncul 1-3 hari. Sering terjadi sebelum periode menstruasi berikutnya, biasnya sekitar 6 – 12 hari setelah ovulasi.

Implantasi merupakan suatu peristiwa penanaman hasil konsepsi dari sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma. Setelah pembuahan terjadi, maka akan membelah dan melekat pada dinding rahim (endometrium). Akibat adanya proses penanaman tersebut maka akan timbul perdarahan yang biasanya muncul 6-12 hari setelah terjadi pembuahan, hal ini bisa masih dapat terjadi hingga usia 7 minggu kehamilan. Darah yang keluar lebih terlihat berupa bercak-bercak (spotted), warnanya lebih muda dari darah menstruasi biasa (antara merah muda sampai coklat), dan biasanya hanya keluar sebentar (1-3 hari) dan baunya seperti darah biasa.

Pendarahan implantasi mungkin merupakan tanda awal kehamilan yang terjadi pada sekitar 1/3 dari semua wanita yang hamil, jadi memang tidak semua wanita hamil mengalaminya. Telur yang telah dibuahi berjalan menuruni tuba fallopi ke dalam rahim, di mana akan menempel dan tertanam ke dalam lapisan rahim. Ketika hal itu terjadi, jaringan yang terbentuk di sekitar telur yang dikenal sebagai trofoblas, dapat merusak beberapa pembuluh darah ibu di dalam rahim, menghasilkan sejumlah kecil pendarahan pada leher rahim dan turun ke vagina.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!