Apa yang dilakukan ibu hamil jika mengalami mual muntah berlebihan?

Posted on

Mual dan muntah yang terjadi di pagi hari atau yang biasa dikenal dengan sebutan morning sickness merupakan hal yang wajar bagi seorang wanita yang sudah positif hamil. Gejala mual dan muntah jika terjadi secara berlebihan itu sudah diluar kewajaran pada umumnya, batasannya bisa dirasakan oleh sang ibu sendiri. Setelah mual dan muntah hebat biasanya sampai menyebabkan lemas hingga dehidrasi, maka diperlukan tindakan untuk mengatasi hal seperti ini dan sebaiknya tidak diabaikan saja.

Untuk mengatasi mual dan muntah anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan kering seperti crackers, puding, roti bakar tanpa selai dan lauk pauk yang kering. Dan tekanan darah seorang ibu yang mengalami mual dan muntah yang berlebih untuk seorang ibu yang menderita hyperemesis gravidarum akan menyebabkan pusing saat bangun dari tidur, untuk mengurangi pusing tersebut sebaiknya anda jangan langsung berdiri, miring ke kiri dan ke kanan, kemudian secara perlahan anda bisa memulai untuk duduk, hingga anda merasa nyaman dengan kondisi anda barulah anda bisa berdiri seperti biasanya.

Apa yang dilakukan ibu hamil jika mengalami mual muntah berlebihan?

Mengkonsumsi satu gelas air hangat saat bangun dari tidur, jika tidak dengan air hangat bisa dengan air biasa saja karena itu sudah tergolong baik untuk kesehatan anda, meminum air ini sebelum anda melakukan kegiatan apapun. Jika ingin ngemil, jadikanlah buah-buahan sebagai bahan cemilan atau snack anda, ini adalah cara mudah untuk menghindari lemak, karena dalam buah-buahan tidak ada kandungan lemak di dalamnya dan juga dapat membantu memperlancar pencernaan anda.

Selain dengan mengkonsumsi makanan secara langsung, anda bisa mengkonsumsi Vitamin B6, jika anda adalah seorang yang rajin memeriksakan diri ke dokter ada kemungkinan dokter anda akan menyarankan untuk mengkonsumsi Vitamin B6 nya seberapa banyak dosis yang anda butuhkan jika anda melaporkan tentang mual dan muntah berlebihan anda.

Bagaimana dengan susu yang dijual bebas dipasaran yang berkhasiat untuk mengatasi mual dan muntah berlebihan pada ibu hamil? Pada dasarnya susu diperlukan ibu hamil adalah untuk memenuhi asupan kalori. Beberapa produsen memang menyediakan susu yang ditujukan khusus untuk ibu hamil yang mengalami mual dan muntah secara berlebih, yang berbeda dari susu biasa adalah kandungan yang ada di dalam susu tersebut sehingga akan mampu mengatasi mual dan muntah berlebih anda.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!