Apa Saja Yang Terjadi Pada Masa Subur Setelah Haid?

Posted on

Menstruasi adalah masa yang dialami oleh para wanita yang sudah baligh, biasanya menstruasi dapat terjadi pada wanita yang sudah berusia 9 tahun namun tidak semua wanita telah mengalami menstruasi sejak berusia 9 tahun. Setelah mengalami menstruasi terjadi masa subur setelah haid dimana sel telur sudah matang dan siap untuk dibuahi, sehingga dengan mengetahui masa subur pasangan suami istri dapat mengetahui dimana mereka dapat berpeluang besar untuk cepat mendapatkan momongan.

Apa Saja Yang Terjadi Pada Masa Subur Setelah Haid?

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghitung masa subur setelah haid seorang wanita antara lain :

  • Temperatur basal tubuh

Suhu setiap orang secara normal biasanya berkisar antara 35°C – 36°C. Namun, jika pada waktu ovulasi, suhu tersebut akan turun dan naik menjadi 37°C – 38°C. Suhu ini tidak akan turun menjadi 35° lagi. hal ini disebabkan oleh terbentuknya progesteron yang berfungsi untuk menyiapkan jaringan di dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah dibuahi.

  • Merasakan Payudara nyeri

Ini adalah salah satu perubahan fisik yang terjadi pada saat wanita sedang ovulasi. Selama ovulasi payudara akan terasa sedikit nyeri, hampir mirip dengan gejala ketika masa pra-menstruasi. Namun tidak setiap wanita merasakan nyeri di payudara pada saat ovulasi.

Keberhasilan dari masa subur setelah haid dalam proses pembuahan dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari pihak suami maupun istri. Khusus untuk kesehatan alat reproduksi ada beberapa penyakit yang dapat memengaruhi, seperti endometriosis dan penyakit radang panggul. Untuk penyakit radang panggul yang mengakibatkan terjadinya penyempitan pada sel telur, (biasanya ditandai dengan nyeri di bagian bawah atau nyeri saat berhubungan). Selain itu, keputihan yang berbau busuk dan berwarna juga dapat menjadi pertanda telah terjadi peradangan.

Ada pula faktor psikologis pada pasangan suami istri ini dapat dikelompokkan dalam penyebab yang tidak dapat dijelaskan atau tidak diketahui. Jumlahnya mencapai kurang lebih 20%. Sebab, terkadang tanpa disadari tekanan pekerjaan atau lingkungan dapat menimbulkan stres yang tidak disadari dan pada akhirnya memengaruhi keberhasilan pembuahan. Mengapa stres dapat memengaruhi keberhasilan pembuahan? Karena, ketika stres, saluran telur menjadi menyempit. Kondisi ini tentunya dapat memengaruhi keberhasilan dari proses ovulasi atau pembuahan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!