Apa Saja yang Perlu Disiapkan Ketika akan Bersalin?

Posted on

Persalinan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi para pasangan suami istri, terlebih lagi jika kehamilannya merupakan kehamilan pertama. Meskipun disamping itu, ada perasaan gugup, cemas dan mendebarkan saat menjalani masa-masa persalinan nantinya. Namun, hal ini tidak menyebabkan wanita yang akan melahirkan menjadi takut. Kebanyakan selalu optimis bahwa setiap wanita hamil tentu akan bersalin untuk melahirkan bayi yang dikandungnya.

Kelahiran merupakan suatu dambaan yang mutlak bagi pasangan suami istri. Untuk menyambut kelahiran bayi mungil, tentu melalui proses persalinan yang harus dihadapi oleh istri. Sebelum menjalani masa persalinan, tentu perlu ada persiapan-persiapan sebelumnya. Persiapan yang cukup dalam menjalani masa persalinan sangat penting untuk kelancaran dalam proses persalinan itu sendiri.

Sebelum waktu persalinan tiba, maka sudah semestinya ibu dan keluarga harus menyiapkan beberapa hal yang diperlukan saat menghadapi persalinan nantinya. Mulai dari persiapan bayi yang akan lahir, dan juga persiapan untuk ibu yang akan bersalin. Apa sajakah yang perlu disiapkan dalam menghadapi persalinan? Silahkan simak penjelasan berikutnya.

Beberapa kebutuhan yang diperlukan oleh ibu hamil yang akan menjalani masa-masa persalinan:

  • Makanan dan minuman ketika menjelang persalinan

Untuk kelancaran proses persalinan ibu harus memiliki energy yang kuat. Ibu yang akan beralin tidak boleh berada dalam kondisi yang lemah, karena memang sangat dibutuhkan tenaga yang sangat kuat untuk bisa melahirkan bayi dan juga untuk menahan rasa sakit yang timbul karena adanya kontraksi dalam persalinan. Oleh sebab itu, perlu disediakan makanan dan minuman yang kiranya bisa memberikan energy pada saat menjelang persalinan. Biasanya akan sangat baik, jika ibu mengkonsumsi yang manis, seperti the manis maupun susu.

  • Pakaian ganti ibu bersalin

Selama proses persalinan tentu ibu akan memerlukan beberapa pakaian sebagai pakaian ganti nanti setelah ibu melahirkan. Untuk pakaian atas biasanya hanya perlu satu pakaian ganti saja. Tetapi untuk pakaian bagian bawah, biasanya ibu akan menggunakan sarung, dan memerlukan lebih banyak sarung selama menunggu waktu bersalin, ketika sarung telah kotor atau basah karena lender dan darah, maka kemungkinan saja ibu akan merasa risih dan perlu diganti.

Dan sarung juga akan digunakan nanti setelah proses persalinan selesai. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu menyiapkan baju yang memakai kancing depan 1 atau 2 sudah cukup, kemudian pakaian dalam untuk digunakan setelah melahirkan, untuk celada dalam, 4 atau 6 buah sudah cukup, dan jangan lupa juga menyiapkan gurita besar yang cukup untuk ibu gunakan.

  • Sarung

Sarung sangat dibutuhkan untuk ibu dalam menjalani proses persalinan, selain untuk pakaian ganti ibu, sarung juga digunakan untuk keperluan bayi, untuk alas sewaktu pertama lahir dan juga untuk membedong bayi agar selalu hangat. Sarung bisa disiapkan untuk ibu dan bayi sekitar 4-6 buah sarung untuk keperluan ibu dan bayi.

  • Pakaian bayi

Pakaian bayi selain sarung untuk membedong, juga perlu dipersiapkan baju bayi, popok kecil, dan tissue basah. Oleh karena bayi akan sering BAK atau BAB, sebaiknya persiapkan popok lebih banyak, dan juga alas popok agar tidak perlu selalu mengganti sarung ketika bayi BAK.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!