Apa itu Oligoteratozoospermia?

Posted on

Jumlah sperma memang merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung keberhasilan pembuahan. Untuk mengetahui apakah sperma yang dimiliki memenuhi syarat, memang diperlukan analisis sperma dan cairan mani (semen) di laboratorium.

Bila jumlahnya kurang dari itu, maka dikhawatirkan jumlah sel spermanya tidak cukup untuk mencapai sel telur. Akan tetapi, semen yang terlalu banyak juga bisa mengencerkan konsentrasi sperma. Idealnya, cairan mani harus cukup kental dan mengencer sekitar 10-15 menit pasca-ejakulasi. Cairan mani yang terlalu kental akan membuat sperma sulit berenang. Kuantitas dan kualitas sperma berhubungan erat dengan kesuburan atau fertilitas pria. Jika sperma baik, maka peluangnya untuk bisa membuahi sel telur dan menghasilkan kehamilan, semakin besar.

Mengetahui kesuburan pria sama pentingnya dengan mengetahui kesuburan pasangan wanitanya dalam menentukan sebab-sebab kesulitan memiliki anak. Tes kesuburan pria biasanya dilakukan melalui analisis semen untuk mengetahui jumlah, kualitas, gerakan, dan karakteristik lain dari sperma yang diproduksi sang pria. Jika normal, saat berejakulasi seorang pria akan mengeluarkan 4,4 mililiter air mani (semen), sekitar 1-1/2 sendok. Setiap 1 mililiter terdapat minimal 20 juta sel sperma. untuk bisa hamil, hanya dibutuhkan 1 sel sperma yg bisa membuahi sel telur.

Semen adalah cairan putih atau abu-abu, terkadang kekuningan, yang dikeluarkan dari uretra (pipa di dalam penis) pada saat ejakulasi. Fungsi semen adalah membawa jutaan sperma ke dalam saluran reproduksi wanita. Dalam kondisi abnormal, ada kelainan sperma yang disebut dengan oligoteratozoospermia.

Oligoteratozoospermia merupakan kelainan sperma yang berupa bentuk sperma tidak normal serta jumlah sel sperma yang dihasilkan hanya sedikit. Penyebabnya kebanyakan memang berkaitan dengan gaya hidup, seperti kurang aktivitas, testis atau buah zakar sering dalam kondisi kepanasan, misalnya pada pemakaian celana yang ketat, merokok, kegemukan, pola makan kurang sehat, serta stress.

Pola hidup dan pola makan yang dilakukan pihak pria merupakan tindakan yang benar. Yakni, tidak memakai celana jeans serta menghilangkan kebiasaan meletakkan laptop di pangkuan pada saat memakainya. Begitu juga dengan upaya mengurangi kebiasaan merokok. Perbaikan gaya hidup termasuk konsumsi zat gizi, dan konsumsi suplemen penyubur pria yang aman dapat meningkatkan kesuburan bila dilakukan secara rutin dalam waktu cukup lama, sehingga kemungkinan pasangan tersebut dapat hamil juga lebih besar.

Faktor-faktor itulah yang mungkin membantu pasangan tersebut sehingga akhirnya dapat memiliki keturunan, secara alami. Untuk kondisi kelainan sperma oligoteratozoospermia maupun oligospermia yang tidak berhasil hamil secara alami, dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan untuk melakukan serta mempertimbangkan terapi bantuan seperti inseminasi buatan dan program bayi tabung sebagai alternative lain untuk tetap bisa memperoleh keturunan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!